Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tracking Parabola 4 LNB 2019(telkom 3s)

Cara tracking parabola menggunakan 4 LNB - Tracking Parabola dengan 4 LNB sebenarnya sangat melelahkan, karena kita di tuntutan merubah tata letak LNB yang ternyata berubah seiring dengan perubahan satelit anyar yaitu satelit telkom 3s. 

Mengenai kesulitan , tidak ada yang sangat kompleks, kecuali jika LNB sudah rusak sebelum terjadi perubahan satelit. Ini akan sangat membingungkan saat tracking tidak dapat sinyal padahal sudah lelah merubah LNB. Jadinya kita dituntut untuk merubah membalikan dish ke dua kali.
Kali ini saya akan shere cara mencari satelit telkom 3s aplikasinya 4 LNB. 

1. Persiapkan Program receiver merubah frekuensi terbaru
Memogram receiver bertujuan untuk memperbarui transponder trans tv trans 7 , dan antv karena transponder juga berubah. Jika anda masih menggunakan transponder lama, maka dijamin akan gagal. Oleh karena itu untuk memonitor sinyal gunakan transponder dari trans tv terbaru.

2. Merubah dseg pada receiver
Sebenarnya ini tidak harus di lakukan jika anda menukar konektor lnb yang diatas. Yaitu rubah LNB 1 ditempati telkom 3s LNB 2 ditempati palapa. Namun jika tidak merubah konektor LNB bisa merubahnya di receiver dengan cara merubah letak dseg, jika awalnya dseg1 ditempati palapa maka dirubah menjadi satelit telkom 3s yang menempati dseg1 LNB 1 diarahkan Barat. 
3. Merubah tata letak LNB
Untuk tracking Parabola dengan menggunakan sistem 4 LNB posisi lnb sangat jauh berbeda dikarenakan letak satelit telkom 3s tidak sama dengan satelit telkom 1.
Tata letaknya yang diubah hanyalah kerenggangan antar 2 lnb jika semula secara urut di mulai dari palapa untuk sekarang menjadi telkom. jadi jarak dipengaruhi oleh titik fokus yang berbeda.
Kerenggangan lnb yang ditempati palapa dan Asia 3 kurang lebih 10 cm .sebagai gambarnya lihat gambar dibawah tata letak LNB. 

4. Tahap tracking /pencarian
Untuk tracking jika anda tidak merubah posisi buat pengunci pipa tiang Parabola , maka bisa dengan hanya merubah penyangga dish arah barat dan timur.
Namun apabila sudah terlanjur merubah semuanya maka mulai dari awal yaitu mencari arah barat dan timur lnb.

Untuk lock sinyal
Untuk satelit telkom 3s gunakan transponder trans 7 karena trans 7 sekarang lebih rendah daripada trans tv
.
Untuk palapa gunakan mnc tv dan sctv
   
Asia 5 gunakan dubai sport .

Kunci dari tracking satelit Parabola menggunakan 4 LNB adalah bagaimana kita membagi sinyal antar satelit sehingga mendapat transponder semua satelit terutama trans tv yang sejatinya dicari.
Demikian 
Semoga berhasil !!!!