Cara Memperbaiki Parabola Hilang Sinyal dengan 7 Macam Kerusakan Berbeda

Pada jenis parabola c band maupun ku band akan mengalami kerusakan hilang sinyal. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk mengetahui penyebab dan kerusakan yang terjadi untuk dapat memperbaiki kerusakan parabola. Ada banyak faktor dan penyebab, anda harus memahami bagaimana sistem parabola bekerja, komponen apa yang digunakan dan memahami program pada receiver. Dengan begitu anda akan dapat memperbaiki kerusakan parabola sinyal hilang.
Baca dulu: komponen parabola dan fungsinya Cuaca alam adalah Faktor yang paling sering mempengaruhi kinerja parabola. Karena bagaimanapun parabola memang bekerja di luar ruangan, sehingga komponen parabola sangat sering terjadi kerusakan yang disebabkan oleh hujan, panas dan angin. Sehingga lambat-laun komponen akan mengalami penurunan kualitas, misalnya; kabel rapuh, lnb kemasukan air hujan dll. Atau yang sering terjadi yaitu parabola tertiup angin. Jika tertiup angin saja, mungkin penanganan akan sangat mudah, terkadang hanya menggeser sedikit saja si…

Cara memprogram Parabola Rusak Tidak Ada Sinyal

Cara memprogram Parabola Rusak Tidak Ada Sinyal

Cara memogram Parabola rusak tidak ada sinyal - kerusakan parabola merupakan masalah yang sering timbul di cuaca yang tidak mendukung, seperti musim hujan, angin, berawan ,panas. Faktor alam sangat mempengaruhi kualitas komponen parabola. Karena komponen terpenting dalam parabola akan terkena dampak dari faktor alam. Sehingga ini menyebabkan menurunya kualitas komponen. terutama lnb dan kabel. 

Selain itu , kadang hanya disebabkan oleh kita sendiri yang memprogram receiver parabola secara tidak sengaja terjadi kesalahan sehingga parabola tidak ada sinyal.  

Untuk itu jangan memrogram sembarangan jika belum mengetahui betul fungsi pada menu receiver.

Berikut ini saya akan shere pengalaman beberapa jenis kerusakan parabola beserta penyebabnya:

1. Gejala sinyal tiba-tiba hilang dan kadang timbul (hilang timbul )


Pernah beberapa saya tangani hal seperti ini. Penyebab paling sering terjadi disebabkan oleh masalah kabel dan konektor yang kendur, sehingga menyebabkan sinyal hilang timbul. Pada beberapa parabola terjadi korosi pada konektor lnb karena penutup lnb bolong sehingga air masuk ke dalam konektor menyebabkan kabel berkarat bahkan sudah hancur sehingga tidak konek lagi. Dan inilah yang menyebabkan parabola hilang timbul.

Selain masalah kabel dan konektor, ada faktor lain, diantaranya:

Program pada instalasi receiver salah sehingga ada gejala sinyal hilang timbul. Ini biasanya terjadi jika salah dalam meletakan dseq antar satelit. Apabila menggunakan dseq 1 untuk palapa , lalu salah dalam program, misalnya malah diletakkan di dseq2. 

akibat salah meletakan dseq, bisa mengakibatkan parabola sinyal hilang timbul. Dan ini juga terjadi jika menggunakan sistem 22k. Jika salah dalam meng on kan letak 22k bisa mengakibatkan sinyal kadang ada kadang hilang. 

Kemudian kerusakan pada Swit setengah mati, lnb mati juga bisa, kemungkinan lain ini sebagai jalan akhir ketika kabel dan konektor tidak terjadi kerusakan.

2. Hilang salah satu satelit


Dengan kata lain pada receiver hanya menampilkan dari salah satu satelit saja misalnya pada satelit telkom,semua chanel sinyal tidak ada atau sebaliknya palapa yang hilang. Hal ini disebabkan oleh salah satu lnb bermasalah atau disebabkan oleh swit dan bagi yang menggunakan 22k pada sisitim pembagi lnb.. Sehingga ketika servis ini utamakan mengganti swit terlebih dahulu baru akan kelihatan apakah lnb atau swit yang mati. 

 
Pada beberapa receiver parabola kadang hilangnya salah satu stelit disebabkan kan oleh kesalahan mememencet remot dan kesalahan memogram, sehingga hanya menampilkan datu satelit saja.  Hal ini dimiliki oleh receiver merek venus dan hansen mp2 .

 Pengguna sering kebingungan karena salah satu satelit hilang padahal sudah di program. Jika itu yang terjadi, maka cari program untuk menampilkan semua satelit. Cara memogram parabola Pada receiver venus, dan hansen,yang Hannya menampilkan satu satelit.

- tekan tombol ok pada remot 

- akan nampak tampilan daftar chanel di bawah ada no yang menunjukan tulisan sat. Jika sudah ketemu no yang menunjukan sat tekan no yang tertera pada tulisan sat maka akan menampilkan salah sat satelit yang sedang tampil. Untuk menampilkan semua satelit maka pilih untuk menampilkan semua satelit dengan menekan tombol geswr ke kiri maupun ke kanan kemudian klik ok . slesai semua ch akan tampil.

Kesalahan semacam ini juga terjadi pada receiver MPG 4 atau HD. Untuk memogram jenis receiver hd sangat mudah. Cukup pencet pada tombol sat kemudian geser kekiri menggunakan tombol volume, ketika sudah sampai di semua satelit atau all satelit langsung pencet ok. 

3. Kualitas sinyal parabola lemah


Sinyal lemah disebabkan oleh faktor kualitas awal pemasangan. Misalnya ketika pasang pertama kali baut tidak di kunci dengan erat, shingga suatu ketika ada angin posisi parabola bergeser. Pada akhirnya kualitas sinyal menjadi lemah atau bahkan tidak ada sinyal. 

Jika kerusakanya hanya sinyal lemah, dengan menggeser mengandalkan insting pun jadi. Namun jika penyebabnya ada faktor lain maka perlu beberapa waktu untuk memperbaikinya. Untuk mencegah tidak terjadi pergeseran lagi 
maka perlu memperkuat baut agar sinyal parabola tidak geser lagi.


4. Receiver tidak dapat menangkap siaran pada salah satu polaritas


Pada sisitim penyiaran satelit, terdapat jenis transponder polaritas vertikal dan horizontal. Contohnya MNC GROUP dengan menggunakan polaritas V, indosiar menggunakan polariyas H. 

Jika salah satu tidak dapat diterima oleh receiver maka kemungkinan disebabkan oleh settingan kurang pass. Misalnya saat tracking hanya menggunakan polaritas v saja sehingga polaritas h tidak di cek ternyata setelah discan polaritas h tidak nyangkut. Oleh sebab itu saat tracking sinyal hendaknya menggunakan dua v dan h polaritas untuk memonitor sinyal. 

Selain itu masalah ini juga terkadang disebabkan oleh receiver parabola yang rusak.  Untuk mengetahuinya coba dengan cara mengganti receiver lainya untuk memastikan kerusakan. Apakah settingan atau receiver yang rusak.

#Cara memprogram parabola rusak tidak ada sinyal


Setelah kita mengenali gejala dan penyebabnya, kita akan mudah bagaimana kita memperbaikinya. Karena dengan melihat gejala dan penyebab kita akan langsung menangani ke part yang rusak atau program yang salah. Untuk itu perlu pemahaman antara gejala dan penyebabnya.

Agar perbaikan cepat selesai pastikan menandai posisi parabola sebelum membongkarnya. Dengan cara menggaris pada baut yang akan di geser dengan posisi awal yaitu mounting dengan tiang digaris lurus untuk menandai arah dish. Agar nanti selesai mengganti part yang rusak tidak lagi mencari arah yang pas karena kita sudah menandai di awal arah yang pass dengan menempatkan posisi pada garis yang kita tandai awal sebelum dibongkar. Dengan cara ini akan lebih cepat.

Cara ini hanya berlaku apabila kerusakan hanya terjadi pada lnb sehingga menyebabkan kita harus membalik kan dish. Jika kerusakan disebabkan oleh tergesernya dish maka ya harus mencari sinyal dari awal lagi.

Perhatikan letak konektor saat akan mengganti switch. Hal ini penting untuk menandai singkronisasi antara instalasi komponen dan program receiver. Jika terdapat perbedaan antara kefuanya sinyal akan terjadi tarik menarik bahkan tidak akan menemukan sinyal. 


Kesimpulan;

cara Memogram parabola tidak ada sinyal itu susah jika kita belum menemukan penyebab kerusakan apakah bagian programnya atau komponen parabola mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui gejala beserta penyebabnya dulu ,baru ke diagnosa kemudian eksekusi.

Semoga bermanfaat
#tuserparabola