Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Parabola Sinyal Satelit Palapa Lemah

Penyebab parabola sinyal satelit palapa lemah - Pada kesempatan kali ini saya ingin shere mengenai satu kejadian yang saya alami saat tracking parabola. Yaitu gejala awalnya satelit palapa tidak ada sinyal. 

Saat pertama saya menduga bahwa parabola hanya tergeser sedikit, karena sepintas kualitas sinyal menunjukkan 20% ada gambar meskipun tidak jelas. 

Namun dari beberapa kali saya merubah posisi parabola, tidak membuahkan hasil. Sinyal malah hilang semua.  Apanya ya?,  begitu dalam fikiran saya.

Ya udah saya tinggal ngopi dulu, yang sudah siap disrutup sambil berfikir penyebab palapa sulit sinyal.

Parabola yang saya tracking ini mengguanakan dis 7fit dengan 2lnb. Sayang Sekali dish nya sudah berlubang sekitar 40cm persegi satu tempat di barat. Disitu logika saya mengkaitkan bahwa dish bolong inilah yang menyebabkan sinyal satelit palapa lemah. Namun kata yang punya bahwa awalnya normal, namun. Setelah pergantian satelit telkom mati, sinyalnya jadi hilaang. Pernah disetting oleh teknisi lain namun sinyal hilang lagi.


Tracking saya lanjutkan, kali ini saya curiga kepada swit dseg, karena saat saya sett kedua satelit saling tarik menarik sinyal. Ketika palapa ada telkom hilang ,begitu sebaliknya. 

Penggantian swit saya lakukan. Hasilnya malah palapa tidak ada sinyal. Kemudian mencoba sekalian lnb saya ganti pada satelit palapa.

Karena saya tidak membawa cadangan lnb dan dseg akhirnya saya harus bolak balik ke toko elektronik. untungnya lmayan dekat jadi tidak jadi masalah.

Setelah mengganti swit dan lnb akhirnya sinyal kedua satelit mau nyantol semua. Namun pada satelit palapa masih saja lemah pada ch mnc group hanya mencapai 35%. Sedangkan  trans7 30%. Kedua ch tersebut saling tarik menarik sehingga saya harus menyamakan keduanya agar tidak macet" . 

cara cepat memperbaiki parabola tidak ada sinyalPada tracking kali ini saya menemukan sebuah pelajaran yangmana sebuah parabola ketika terhalang oleh dedaunan akan berkurang sinyalnya. Hal ini terbukti tracking kali ini ada sebuang pohon yang condong ke bagian parabola daun dari parabola sekitar 2 meter di bagian barat parabola. Ketika daun saya potong , meningkatkan sinyal sebesar 5%. 
Satelit palapa tidak ada sinyal akhir nya ketemu penyebabnya yaitu swit lnb, dan daun yang menghalangi sinyal. 

Sekian dulu ceritaku ketika tracking parabola sinyal satelit palapa lemah semoga bermanfaat …ya!!! Smoga bisa mengambil hikmahnya...  Sampai ketemu di cerita tuserparabola lainya. Thanks.!