Cara Memperbaiki Parabola Hilang Sinyal dengan 7 Macam Kerusakan Berbeda

Pada jenis parabola c band maupun ku band akan mengalami kerusakan hilang sinyal. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk mengetahui penyebab dan kerusakan yang terjadi untuk dapat memperbaiki kerusakan parabola. Ada banyak faktor dan penyebab, anda harus memahami bagaimana sistem parabola bekerja, komponen apa yang digunakan dan memahami program pada receiver. Dengan begitu anda akan dapat memperbaiki kerusakan parabola sinyal hilang.
Baca dulu: komponen parabola dan fungsinya Cuaca alam adalah Faktor yang paling sering mempengaruhi kinerja parabola. Karena bagaimanapun parabola memang bekerja di luar ruangan, sehingga komponen parabola sangat sering terjadi kerusakan yang disebabkan oleh hujan, panas dan angin. Sehingga lambat-laun komponen akan mengalami penurunan kualitas, misalnya; kabel rapuh, lnb kemasukan air hujan dll. Atau yang sering terjadi yaitu parabola tertiup angin. Jika tertiup angin saja, mungkin penanganan akan sangat mudah, terkadang hanya menggeser sedikit saja si…

5 Tips Membeli Parabola C-BAND agar tidak Menyesal di Kemudian Hari


5 Tips membeli Parabola c-band - Berikut ini merupakan tips membeli Parabola baru agar awet dan memiliki banyak siaran. Sehingga tidak ada kata penyesalan di kemudian hari. Masalah akan muncul mungkin di pertengahan penggunaan Parabola. Na! untuk itu saya akan memberikan sedikit tips dari pengalaman saya sebagai teknisi Parabola yang sering servis berbagai macam kerusakan Parabola terutama jenis c band (payung besar).

1. Receiver
Receiver berfungsi menerima sinyal dari Parabola. Sehingga receiver sangat besar peranya dalam mengolah sinyal menjadi gambar. Oleh sebab itu, hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Terutama pada masalah kebutuhan. Jika anda menggunakan tv jenis LCD, saya menyarankan agar memilih receiver dengan format mpg4 HD yang didukung oleh fitur soket kabel HDMI. Sehingga kualitas gambar yang dihasilkan akan lebih berkualitas. Namun, jika anda masih menggunakan tv tabung hendaknya memilih mp2. Selain lebih hemat, dengan menggunakan receiver mp2 memiliki keunggulan kemudahan dalam pemograman. Lebih mudah dipahami. Namun kelemahannya yaitu memiliki chanel yang lebih sedikit dari pada receiver yang menggunakan receiver mp4. Karena receiver dengan mp4 bisanaya dapat menerima kedua format yaitu mp2  & mp4. Nah untuk itu perlu yang namanya melihat kebutuhan agar suatu saat anda tidak menyesal sehingga menambah biaya lagi dalam hal penggantinya receiver. Saran bagi yang akan migrasi dari tv tabung ke LCD maka lebih baik membeli yang mp4 sekalian agar lebih hemat.

2. Jumlah lnb
LNB 2 dipasaran saat ini dengan receiver mp2 seharga 600 ribuan sehingga terlihat murah. Namun sebenarnya jika anda ingin  memperoleh siaran yang lebih banyak hanya tambah 150 ribu pun sudah dapat memperoleh siaran lebih banyak dengan menggunakan 4 LNB. Jika sudah terlanjur menggunakan 2 lnb, suatu saat ingin menambah lnb lagi maka akan tambah biaya sekitar 220 ribuan lebih. Nah kan itu lebih mahal daripada memasang dari awal.

3. Jumlah tv yang ingin digunakan
Karena anda sekarang memiliki satu tv tidak tertutup kemungkinan jika suatu saat anda akan menambah tv lagi , sehingga hal ini sangat penting untuk dipahami. ya mungkin akan lebih mahal, namun suatu saat jika ingin menambah tv tidak mengganti lnb lagi. Misalnya jika ingin menggunakan 2 tv maka anda harus bilang kepada toko Parabola agar memasang dengan menggunakan lnb 2r meski baru 1 tv yang anda punya. Suatu saat jika akan menambah tv hanya membeli receiver saja sudah bisa tidak usah memanggil teknisi lagi untuk mengganti lnb. Lebih hemat kan?

4. Perhatikan jenis tiang Parabola
Jangan tergiur dengan harga,! jika anda belum mengetahui kualitas barang yang di jual. Karena dari harga murah itu terdapat permainan harga. Yaitu kualitas barang yang diturunkan. Seperti halnya kualitas tiang Parabola. Agar tidak menyesal di kemudian hari dikarenakan tiang Parabola keropos karena karat , atau payung Parabola mudah geser saat terkena angin yang disebabkan oleh tiang mudah peok. Maka ini sangat penting diperhatikan. Untuk itu, ketika membeli Parabola hendaknya tanyakan kepada penjual kualitas tiang Parabola yang digunakan jenis apa. Kalau yang bagus itu biasanya jenis tiang galvanil. Karena tidak mudah  berkarat dan kokoh karena tebal.

5. Kualitas kabel
Dan yang terakhir tips membeli Parabola c-band yang meski diperhatikan ialah masalah kabel yang digunakan. Pilihlah kabel antena yang serabut ground nya padat dan pada inti kabel menggunakan tembaga berdiameter lebih besar agar kualitas sinyal tahan lama.

Nah itulah 5 tips membeli Parabola c band agar tidak menyesal dikemudian hari. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang berminat membeli Parabola agar tidak menyesal di kemudian hari. 

Jika ini bermanfaat silahkan shere agar teman terdekat anda mendapat manfaat dari artikel ini! Thanks

Baca juga : cara memilih jenis parabola seuai kebutuhan