Cara Memperbaiki Parabola Hilang Sinyal dengan 7 Macam Kerusakan Berbeda

Pada jenis parabola c band maupun ku band akan mengalami kerusakan hilang sinyal. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk mengetahui penyebab dan kerusakan yang terjadi untuk dapat memperbaiki kerusakan parabola. Ada banyak faktor dan penyebab, anda harus memahami bagaimana sistem parabola bekerja, komponen apa yang digunakan dan memahami program pada receiver. Dengan begitu anda akan dapat memperbaiki kerusakan parabola sinyal hilang.
Baca dulu: komponen parabola dan fungsinya Cuaca alam adalah Faktor yang paling sering mempengaruhi kinerja parabola. Karena bagaimanapun parabola memang bekerja di luar ruangan, sehingga komponen parabola sangat sering terjadi kerusakan yang disebabkan oleh hujan, panas dan angin. Sehingga lambat-laun komponen akan mengalami penurunan kualitas, misalnya; kabel rapuh, lnb kemasukan air hujan dll. Atau yang sering terjadi yaitu parabola tertiup angin. Jika tertiup angin saja, mungkin penanganan akan sangat mudah, terkadang hanya menggeser sedikit saja si…

Cara Tracking Parabola Tanpa TV

Cara tracking Parabola tanpa tv - Seseorang teknisi yang mahir dalam menangani Parabola bermasalah biasanya tidak menggunakan tv untuk monitor sinyal. Lalu  bagaimana sebenernya teknisi hanya menggunakan receiver untuk memonitor sinyal.  

Dulu pada awal saya menjadi teknisi Parabola juga bingung dengan seorang teknisi yang sudah mahir dengan hanya mengandalkan receiver sebagai monitor saat tracking Parabola. Kemudian melihat dari sini saya pun penasaran dengan yang ia lakukan membawa saya untuk bertanya.

Cara tracking Parabola tanpa tv

 
Pertanyaannya, Bagaimana bisa melihat sinyal sedangkan kita tidak bisa melihat gambarnya?
Ternyata setelah saya tanyakan kepada yang berpengalaman mengenai hal ini, mudah saja. Yang meski kita perhatikan dalam hal ini adalah daya ingat mengenai urutan chanel tv yang terpogram dalam receiver. Ketika kita sudah mengetahui program dalam receiver kemudian kita hafal urutanya. Tapi jika belum mengingat semua urutan bisa dicatat kemudian ditempel di atas receiver. Berikut sebagai  contoh urutanya:

01. Indosiar
02. Rcti
03. Trans tv
04. Trans 7
05. net
06. Rtv
7. TV one 

Urutan yang saya sebutkan di atas memiliki tujuan, yaitu untuk memonitor sinyal dari jenis polaritas. Chanel indosiar untuk memonitor sinyal polaritas horisontal. Rcti digunakan untuk memonitor sinyal polaritas vertikal yang mewakili mnc group. Karena sering terjadi perbedaan sinyal chanel trans media, kedua chanel dimonitor semua agar sinyal keduanya maksimal. Net tv dan rtv sebenarnya tidak dimonitor juga tidak masalah asalkan chanel sebelumnya sudah dapat sinyal yang bagus. Yang terakhir tv one , karena di polaritas horizontal terkadang ketika indosiar dan sctv sudah ada, terkadang tv one tidak nyantol. 


Jika ingin tracking Parabola c band tanpa tv menggunakan 4 LNB hanya menambahkan beberapa chanel saja, misalnya ingin tracking asisat7 & asisat5  maka tambahkan transponder yang berada di satelit tersebut dan cari sinyal terkuat dan terlemah dari masing masing satelit dan polaritas.
Setelah mengingat urutan chanel sekarang bagaimana memonitor sinyal. Melihat tinggi dan rendahnya sinyal kita mengambil patokan dari persentase intensitas sinyal dari tombol info. Sehingga ini akan mudah dilakukan jika receiver didukung oleh menu informasi sinyal. Receiver yang memiliki kemampuan tersebut biasanya jenis receiver dengan format mpg2. Selain memudahkan dalam memonitor sinyal , receiver mp2 lebih mudah dalam segi sensitivitas sinyal. Ini berbeda dengan receiver mp4 yang terkadang ada receiver yang membaca sinyal sangat lama. Sehingga receiver mpg4,  ketika dijadikan untuk memonitor sinyal akan kesulitan karena loading sinyalnya lama.

Nah itulah jawaban dari pertanyaan bagaimana tracking Parabola tanpa tv yang dulu menjadi pertanyaan saya ketika mulai belajar tracking Parabola.  Mudah-mudahan hal ini dapat bermanfaat bagi semua orang yang ingin memulai usaha di bidang jasa servis Parabola dengan pengalaman saya tersebut,.

Namun jika anda mempunyai tv mini yang bisa dipakai untuk memonitor sinyal . Akan lebih baik, karena akan lebih cepat dan efektif salam memonitor sinyal. Jika ada perbedaan antara program dan letak dseg ketika servis ,  tidak akan kebingungan karena kita bebas dalam Memogram. Tidak bolak balik ke tv untuk merubah program ketika terjadi perbedaan tersebut.