Cara Memperbaiki Parabola Hilang Sinyal dengan 7 Macam Kerusakan Berbeda

Pada jenis parabola c band maupun ku band akan mengalami kerusakan hilang sinyal. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk mengetahui penyebab dan kerusakan yang terjadi untuk dapat memperbaiki kerusakan parabola. Ada banyak faktor dan penyebab, anda harus memahami bagaimana sistem parabola bekerja, komponen apa yang digunakan dan memahami program pada receiver. Dengan begitu anda akan dapat memperbaiki kerusakan parabola sinyal hilang.
Baca dulu: komponen parabola dan fungsinya Cuaca alam adalah Faktor yang paling sering mempengaruhi kinerja parabola. Karena bagaimanapun parabola memang bekerja di luar ruangan, sehingga komponen parabola sangat sering terjadi kerusakan yang disebabkan oleh hujan, panas dan angin. Sehingga lambat-laun komponen akan mengalami penurunan kualitas, misalnya; kabel rapuh, lnb kemasukan air hujan dll. Atau yang sering terjadi yaitu parabola tertiup angin. Jika tertiup angin saja, mungkin penanganan akan sangat mudah, terkadang hanya menggeser sedikit saja si…

Mengatasi Receiver Parabola Hanya satu satelit yang Nyantol Ketika Discan

Assalamualikum Wr.wb.

Mudah-mudahan kalian semua sealu sehat wal afiat.

Sekarang ini saya akan menulis sedikit pengalaman saya mengenai parabola ,yaitu pada bagian pemograman receiver pada saat di scan ulang ada beberapa chanel TV yang tidak nyantol. Orang yang belum tahu terkadang hal ini dikaitkan dengan permasalahan kerusakan pada bagian komponen parabola diluar pemograman receiver Parabola. namun juga benar jika menduga bahwa ada komponen yang rusak tapi sebelum itu perlu dicek dulu pemrograman, baru ke komponen parabola.
Nah berikut beberapa permaslahan penyebab beberapa chanel tidak nyantol pada saat discan

Hanya nyantol satu satelit saja

Permasalahan pertama yaitu, receiver tidak nyantol pada salah satu satelit saja. Pada saat Discan ulang misalkan satelit telkom, namun yang nyantol ternyata transponder dari satelit palapa. Ini disebabkan karena salah dalam mengatur dseg.

Normalnya, letak Dseg pada satelit telkom adalah lnb 01 sedangkan palapa adalah dseg lnb 2. Jika discan ulang ternyata dseg belum diubah telkom masih di lnb 2 maka ltu adalah penyebabnya. Oleh sebab itu coba rubah posisi dseg pada pengaturan antena. Benar-benar di perhatikan.
Letak dseg sudah benar namun belum juga mau menampilkan semua satelit. Langkah terakhir yaitu kembalikan  pada setelan pabrik atau defult values. Sehingga receiver normal seperti Baru lagi. Kemudian hapus semua channel bawaan receiver. Atur lagi pada pengaturan antena. Seperti Pada tahap pertama. Merubah posisi lnb pada receiver. Coba scan ulang kedua satelit. Jika berhasil selamat. namun jika belum berhasil masih melanjutkan ke tahap berikutnya. Yaitu sekarang posisi lnb normal lnb 1 ditempati palapa sedangkan lnb 2 telkom. Jika hasilnya masih sama, hanya palapa yang nyantol., berikut kemungkinan lain diluar permasalahan pemograman.

Dseg mati

Penyebab kerusakan hanya salah satu satelit yang nyantol ketika discan yaitu swit dseg mati salah satu pada jalur lnb satelit telkom. Sehingga ketika satelit telkom discan ulang transponder palapa yang nyantol. Hal ini sering dialami paraboa yang menggunakan swit jenis 22k. 22k. Sering digunakan pada bawaan lnb yang tertanam satu set didalam lnb. Sehingga jika 22k yag tertanam di dalam lnb mati, harus diganti dengan jenis swit biasa atau Malah harus mengganti dengan lnb nya sekalian. Agar tidak bingung dalam menerapkan.

Lnb mati satu

Penyebab selanjutnya yaitu ada salah satu lnb yang mati. Dengan demikian, lnb yang merespon. Hanya satu sehingga transponder satelit yang diterima hanya satu saja. Namun dalam beberapa kasus jika lnb salah satu mati, jika discan ulang maka, tidak ada chanel TV yang nyangkut satupun. Terkadang juga nyantol namun transponder satelit lain. Ini biasanya yang menggunakan sisitim swit 22k seperti yang telah saya jelaskan diatas.

Satelit telkom tetap tidak Nyantol Sedikitpun meski pengaturan antena sudah di atur dan dicoba scan ulang secara berulang. Perlu anda ketahui bahwa sekarang ini sudah terjadi perubahan yaitu sateit telkom sudah berganti posisi sehingga jika paraboa anda tidak di geser ke satelit telkom yang baru maka tidak akan berhasil meskipun sudah di scan berkali-kali.

Untuk lebih lanjut silahkan baca : panduan cara mencari satelit telkom 3 s.

Penyebab terakhir adalah kerusakan terjadi pada receiver. Untuk mahami kerusakan ini bisa dicoba dengan receiver lain .agar pasti bahwa receiver memang benar rusak. Jika ridak punya receiver lain boleh Pinjam tetangga yang sama" menggunakan parabola. Jika bisa, pinjam receiver yang chanellnya normal semua sehingga benar pasti.

Nah itu beberapa sebab receiver hanya menampilkan transpondernya salah satu satelit saja meski sudah discan ulang berkali-kali. Semoga menjadi refrensi anda semua yang lagi mendapat masalah parabola yang demikian.
Thanks!,,