Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal sepele berikut ini dapat membuat gagal lock sinyal satelit parabola

Terkadang permasalahan hanya sepele namun membuat kita pusing tujuh keliling saat melakukan pencarian sinyal satelit menggunakan parabola. Namun ketika sudah ketemu masalahnya Ternyata sepele saja.


Setiap tempat terkadang memiliki perbedaan dalam hal permasalahan kerusakan parabola. Kadang ada yang sulit kadang juga ada yang mudah saja. Bisa dibilang Tergantung tempatnya. Trackingnya mudah namun kadang medanya yang sulit. Begitu sebaliknya, ketika medanya mudah trackingnya yang sulit.

Hal paling menjengkelkan saat servis parabola, jika ada baut mounting patah, itu yang sangat menjengkelkan saat servis parabola. Ada bebera paparabola yang mengalami patah baut untuk mengunci arah barat dan timur. Padahal baru ingin mengendurkan baut tersebut langsung patah. Mati langkah sudah. Hal ini sering saya akalin. Daripada capek-capek memperbaiki monting menggunakan jurus tali kawat’’ hehe!’’. Yaitu dengan cara mencopot pengunci dari tempatnya dan mengunci dengan kawat ditempat yang berbeda. Kemudian setelah terkunci sinyal yang diinginkan ditali sekut-kuatnya dan juga mengunci pada baut as sekuat-kuatnya juga.   

Nah hal paling sepele namun membuat kita pusing tujuh keliling saat mencari sinyal adalah kabel dan konektor yang bermasalah. hal ini sering terjadi pada saat kita servis parabola maupun saat pemasangan baru. Pernah waktu itu saya mengalami permasalahan kabel konektor lnb yang membuat saya pusing tujuh keliling. Ternyata pada konektor kabel lnb tersebut terdapat serabut kabel ground yang terhubung pada kabel tembaga sehingga menyebabkan short pada salah satu lnb. Hal ini sangat sepele padahal hanya sartu serabut saja, dan ini Perlu diteliti pada saat akan merakit lnb periksa pada bagian konektor Apakah ada serabut kabel yang terhubung dengan inti kabel. Ini sederhana saja namun akan berakibat fatal jika terjadi.



Kabel lapuk, pernah juga mengalami masalah kabel lapuk pada bagian ground. Menyebabkan pada chanel berpolaritas horizontal tidak ada sinyal. Ternyata penyebabnya adalah ground kabel sudah lapuk berubah menjadi butiran debu. Ini terjadi pada cparabola yang telah usang dimakan usia terlebih dari atas lnb tidak ada penutupnya mengakibatkan air hujan meresap kedalam kabel menyebabkan pelapukan pada serabut kabel ground.

Beberapa hal sepele tersebut harus sangat menjadi perhatikan pada saat servis maupun pemasangan baru. Sepele namun berakibat memakan waktu dan bahkan bisa gagal. Oleh sebab itulah sekarang mulai mengerti hal sepele tersebut dapat menjadi pelajaran yang sangat berarti.

Thsnkss