Komponen Parabola dan fungsinya

Daftar Isi
Komponen Parabola dan fungsinya - Antena parabola merupakan satu kesatuan dari beberapa komponen dan perangkat sehingga dapat menghasilkan gambar yang dapat kita nikmati. Kemungkinan orang yang belum paham bahwa parabola hanya sebatas jaring yang dapat menangkap sinyal untuk disalurkan ke receiver, padahal tidak sesederhana itu. Pada dasarnya sistem parabola memiliki komponen pendukung sistm kerja, sehingga dari tangkapan sinyal dari dish dapat menjadi gambar yang kita nikmati.  Beberapa komponen parabola diantaranya ialah dish, lnb, kabel, receiver, diseq.

TATA LETAK KOMPONEN PARABOLA
1.       Dish

Orang sering menyebutnya sebagai payung, karena mungkin bentuknya menyerupai payung namun terbalik. Dish terbuat dari alumunium yang anti karat. Sebagai penyangga dan pengunci ada bagian mounting yang terbuat dari besi agar lebih kuat. Dalam sistem dish berperan menjaring sinyal satelit dengan memantulkan sinyal kpada lnb.

2.       Lnb

Lnb berfungsi menerima sunyal dari pantulan dish mengonfirmasikan mengirim sinyal ke receiver. Yang umum digunakan Lnb memiliki dua jenis yaitu c-band dan ku-band. Memiliki dua polaritas yaitu vertikal dan horizontal.

3.       Receiver

Berfungsi sebagai penerima sinyal dari lnb merubah sinyal menjadi gambar dan suara digital.


4.       diseqc Switch

SWITCH 4 IN 1 OUT
Berfungsi sebagai sakalar persimpangan antar lnb sebagai pembagi tegangan dan menerima sinyal secara otomatis dari setiap lnb dan sinyal saytelit yang diterima oleh lnb.

5.       Kabel dan konektor

Kabel dan konektor juga merupakan bagian penting dari semua komponen parabola. Dan kabel sedikit bermasalah kadang menimbulkan permasalahan yang sangat komplek.

Dari beberapa komponen parabola tersebut, salah satu saja mati akan menyebabkan parabola mengalami masalah yang sangat terlihat, misal hilangnya sinyal bahkan sampai menyebabkan tidak ada gambar dari receiver.