Cara Memperbaiki Parabola Hilang Sinyal dengan 7 Macam Kerusakan Berbeda

Pada jenis parabola c band maupun ku band akan mengalami kerusakan hilang sinyal. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk mengetahui penyebab dan kerusakan yang terjadi untuk dapat memperbaiki kerusakan parabola. Ada banyak faktor dan penyebab, anda harus memahami bagaimana sistem parabola bekerja, komponen apa yang digunakan dan memahami program pada receiver. Dengan begitu anda akan dapat memperbaiki kerusakan parabola sinyal hilang.
Baca dulu: komponen parabola dan fungsinya Cuaca alam adalah Faktor yang paling sering mempengaruhi kinerja parabola. Karena bagaimanapun parabola memang bekerja di luar ruangan, sehingga komponen parabola sangat sering terjadi kerusakan yang disebabkan oleh hujan, panas dan angin. Sehingga lambat-laun komponen akan mengalami penurunan kualitas, misalnya; kabel rapuh, lnb kemasukan air hujan dll. Atau yang sering terjadi yaitu parabola tertiup angin. Jika tertiup angin saja, mungkin penanganan akan sangat mudah, terkadang hanya menggeser sedikit saja si…

Seputar Tarif Servis Parabola


Mungkin anda adalah pengguna parabola yang ingin menserviskan parabola namun tidak tahu berapa tarif servis parabola sehingga mencari refrensi berapa harga yang harus dibayar. Berikut akan saya ulas mengenai hal ini, mungkin akan sedikit mencerahkan, berapa harga yang harus dibayar. Ya, kalau bisa ketika nanti memanggil teknisi saya berharap anda bisa memberikan bonus.  

Servis parabola untuk beberapa tv/receiver


Beberpa kali kesempatan saya mendapat job seputaran satu parabola untuk beberpa tv. Dengan tarif berbeda-beda tegantung banyaknya receiver yang diprogram. kenapa demikian, padahal sama servisnya hanya satu parabola. Karena lamanya pemograman menjadi salah satu alasan kenapa tarif servisnya berbeda.

Selain lamanya dalam pemograman terkadang hambatan dalam servis ada aja. Misalnya salah satu output lnb mati. Maka dari sini sudah memakan waktu yang cukup lama. Jika menggunakan lnb dengan jenis 4r maka akan sayang jika harus mengganti lnb dengan yang baru. Jika yang mati hanya satu output. Untuk mengatasi hal ini, biasanya menggunakan cara jitu tanpa mengganti lnb tersebut yaitu menggunakan pecabang lnb pada salah satu lnb yang masih hidup. Atau memparalel salah satu output lnb yang masih sehat. Dengan Begitu akan sedikit mengurangi biaya yang ditanggung oleh user parabola.

Namun dari beberapa user parabola tetap saja ada yang kurang setuju dengan hal tarif berbeda. Dari beberapa kejadian seringkali masih nawar harga yang saya patok. Jikapun tidak Begitu biasanya ngomong di belakang. Secara kasap mata iya sama dalam pengerjaanya hanya setting satu parabola, namun waktu Pengerjaan akan sangat jauh berbeda. Jika satu receiver membutuhkan 15 mnit servis untuk 2 receiver bisa setengah jam karena scan otomatis sangat lama. Salah satunya memogram palapa dan telkom 3s. tidak semua orang bisa memogram meski hanya scan otomatis. Hanya orang yang memahami instalasi parabola lah yang dapat menscan. Perlu pemahaman khusus.

Tarif 4 lnb


2 lnb tentu juga beda tarif dengan 4 lnb. Faktanya saat tracking mencari [4 satelit telkom, palapa asiasat5 asiasat7] menggunakan 4 lnb harus merubah posisi lnb yang mengharuskan merubah dudukan lnb. Jika tempatnya sangat sulit dijangkau ini akan memakan waktu seharian penuh. Terlebih jika ada masalah komponen yang rusak. Tarif bisa menjadi 3 kali lipat. Medan yang berbahaya juga menjadi perhitungan tersendiri.

Berbicara mengenai tarif servis sebenarnya sangat kontroversi. Disetiap tempat akan berbeda tarif., Kecuali jika memang sudah mematok harga pasti. Seperti hal yang saya lakukan. Yaitu mengenakan tarif 20 ribu untuk servis mencari satelit telkom 3s palapa dengan menggunakan 2 lnb. di area tempat tinggal saya sedangkan di luar wilayah bisa mencapai 50 ribu. itu baru dua lnb, satu receiver. Dan belum termasuk biaya sparpart jika ada yang harus diganti. Jika menggunakan 4 lnb pasti dua kali lipat lebih. Namun jika hanya menggunakan 2r/ 2 receiver bukan dua kali lipat namun hanya dikenakan tarif beberapa persen saja pada receiver satunya untuk ganti rugi waktu memogram. Jikapun tidak ada masalah pada salah satu output lnb.

Ini hanya pendapat saya mengenai tarif tentu setiap teknisi sangat berbeda. Yang diperhitungkan bukan hanya jasa namun juga ongkos bensin untuk menjangkau lokasi user. Semakin jauh semakin mahal pula,

Demikian Semoga bermanfaat! jangan lupa dikasih bonus tuser parabola nya! hehee