Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Satelit Apstar6 Digabung Dengan Telkom dan Palapa

Cara mencari satelit apstar6 digabung dengan telkom dan palapa - Pada momen piala dunia tahun 2018 banyak sekali rikues untuk mencari apastar6 untuk bisa menikmati siaran channel dari cbs group yaitu ctn cnc dan my tv. Meskipun kita belum mengetahui apakah satelit ini menyiarkan secara gratis atau berbayar.

Pada kesempatan ini saya akan menuliskan hasil tracking kemarin. Bagaimana sih cara mencari satelit apstar 6 agar bisa digabung dengan telkom dan palapa?

Cara mencari satelit apstar 6 cambodia

Cara mencari satelit apstar6 digabung dengan telkom dan palapa
CNC TV sedang menyiarkan euro

Hal yang meski dilakukan paling menjadi perhatian adalah perakitan lnb, karena dari sinilah Kunci tracking ditentukan apakah akan mudah atau tidak dapat sinyal apstar6 sama sekali. Lantas apa saja yang dipersiapkan saat merakit lnb? jika kita hanya menambah satu satelit apstar6 untuk digabungkan dengan palapa dan telkom, maka yang dibutuhkan satu lnb sebagai penerima satelit apstar 6. Maka beli satu lnb saja. Biasanya jika kita hanya membeli satu lnb saja, maka harganya sekitar 50k saja. 

Bahan Selanjutnya adalah kabel konektor panjang. Tata letak lnb yang berjauhan membutuhkan konektor dengan ukuran sekitar 40 cm agar tidak saling tarik menarik antar konektor lnb.

Bahan penopang lnb sepanjang 30 cm. disini saya menggunakan bahan seadanya yaitu menggunakan dudukan lnb yang saya sambung dengan besi sebagai penyambung dudukan lnb.

Nah setelah sudah dapat semua bahan yang dibutuhkan sekarang tahap perakitan lnb.

Jarak yang saya gunakan adalah 25 cm dari satelit telkom. Letak apstar 6 yaitu pada sebelah barat lnb telkom. Atau bisa lihat seperti pada gambar berikut ini.


Dish yang saya gunakan merek ora ukuran 7,5 fit. Mencoba dengan jarak 25cm.

Pastikan bahwa letak lnb sejajar, benar-benar lurus. Karena akan kesulitan jika tidak lurus. Yaitu sinyal saling tarik menarik.

Nah setelah slesai merakit lnb sekarang kita melakukan tracking.

Saat tracking hal yang menjadi acuan adalah kualitas sinyal. Frekuensi ctn menjadi destinasi dan memang sinyal terkuat apstar 6. Agar tracing lebih mudah gunakan receiver mp2. Karena receiver mp2 lebih cepat respond ketika sinyal sudah ketemu dibanding kan dengan receiver mp4, lebih lama memproses sinyal. 

Berikut ini merupakan frekuensi CTN sebagai bahan lock atau monitoring sinyal. Pertama harus memasukan frekuensi CTN sebelum memulai tracking.

Jika frekuensi tersebut di scan akan muncul CTV/CNC/MY TV. Namun sebelum tracking masukan dulu frekuensi dengan cara:
•    Meng edit frekuensi salah satu chanel yang tidak penting
•    Pilih salah satu chanel yang tidak penting misalnya saja chanel yang terkunci.
•    Ganti frekuensi yang telah dipilih dengan
•    Edit nama: dengan cara mengklik nama chanel diganti dengan CTN agar nanti tidak bingung saat sudah mengganti frekuensi dan menyimpanya
•    Trans Freq:04051
•    SYMBOL rate: 09628
•    Polaritas: H
•    video pid:0049
•    audio pid: 0051
•    PCR PID:0049
•    Pilih dseg sesuai dengan penempatan satelit apstar6. Misalnya satelit apstar6 diletakan pada lnb 3.
•    Setelah itu simpan.
•    Pada pengaturan antena Pilih apstar 6. Letakan dseg pada lnb 3. agar sesuai dengan frekuensi yang telah diedit pada penambahan channel CTN diatas.
•    Baru kemudian bisa di tracking!

Cara tracking satelit apstar6 digabung dengan palapa dan telkom

Pada tahap tracking harus melihat secara langsung kualitas sinyal yang dihasilkan melalui receiver atau alat tracking lainya.

Perhatikan bahwa letak lnb untuk apstar 6 diletakan pada sebelah timur dari satelit dan palapa.

Sekarang tinggal kita mencari arah. Kendurkan semua baut. Agar leluasa menggerakan dish.
Perhatikan setiap persen sinyal.

Agar lebih mudah mencari arah yang benar kita focus dulu ke satelit telkom dan palapa.

Kemudian setelah kedua satelit maksimal dalam segi kualitas sekarang baru menginjak pada satelit apstar6.

Jika satelit apstar6 ketemu namun satelit yang lain hilang hal yang meski dilakukan adalah sedikit menggeser letak lnb. apakah direnggangkan atau di rapatkan.

Jika ukuran pada jarak lnb belum pas maka harus lebih bersabar sampai titik focus apstar 6 bisa sejajar dengan palapa dan telkom.

Satelit apstar 6 memang brat sinyal maksimal pada dish merek ora hanya sampai 30% saja. Sehingga sedikit saja sinyal sangat berharga.

Nah itulah cara mencari satelit apstar 6 digabung dengan palapa dan telkom.  yang penting tlaten. Karena kualitas sinyal akan sedikit berat jika digabungkan denga satelit palapa dan telkom. Mungkin akan lebih mudah jika menggunakan lnb tunggal, sehingga akan lebih focus. Kualitas sinyalpun akan semakin bertambah.
Semoga bermanfaat!