Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catatan Tracking Satelit Apstar 6 digabung dengan Palapa dan Telkom

Catatan tracking apstar 6 - Musim piala dunia tidak terasa sudah menginjak 16 besar. Sudah beberapa parabola saya tracking satelit apstar 6 yang digabungkan dengan palapa dan telkom. Saya tentu bersyukur sekali bahwa sampai saat ini satelit apstar6 masih aman tidak berganti bisskey.

Berbagai macam parabola telah saya jajali menggabungkan palapa telkom apstar6. Semuanya berbeda-beda. Ada yang mudah dan ada yang sulit.

Beberapa fakta baru terus terungkap siring dengan berganti merek dish. Ukuranya sama namun dengan hasil yang berbeda. Pada ukuran 7,5 fit semua berbeda. yang membedakan mungkin adalah kecekungan payung dish. Sehingga perbedaan jarak lnb menjadi kesulitan tersendiri. Terlebih dish yang bergelombang ternyata menghasilkan sinyal yang minim sekali.

Dalam waktu pengerjaanya, terkadang ada yang satu dua jam sudah clear. namun ada juga yang lebih dari tiga jam pun terkadang belum clear menyebabkan kerugian waktu. karena dengan tarif yang sama.

Tracking paling enak jika sekali pasang langsung dapat sinyal pada satelit apstar 6 meskipun masih saling tarik menarik dengan satelit palapa. Namun untuk mengatasi hal ini sangat mudah saja tinggal direnggangkan jaraknya atau didekatkan.

Yang paling susah adalah ketika satelit apstar 6 belum juga mendapat sinyal sama sekali ketika di tracking Bersamaan satelit palapa dana telkom. Padahal sudah dirakit dengan cara didekatkan maupun dijauhkan. Namun tetap saja tidak mendapatkan sinyal sama sekali. Ternyata ini disebabkan oleh:

Dish yang gagal focus, yaitu karena dis tidak terfokus pda satu titik yag disebabkan dish kurang rata atau bergelombang. Awalnya saya tidak pernah percaya bahwa dish yang bergelombang berpengaruh pada kualitas sinyal. Setelah saya lakukan apa yang saya ragukan tersebut kini terjawab bahwa sebenarnya jaring dish yang bergelombang sangat berpengaruh terhadap kualitas sinyal ketika digunakan untuk beberapa lnb.

Untuk mengatasi jaring yang bergelombang saya biasanya menggunakan Kunci untuk menggosok jaring dish agar rata. 

 Catatan ini sengaja saya abadikan semoga bermanfaat untuk rekan tuser parabola sekalian yang belum mengetahui mengenai hal ini. Saya kan terus menuliskan apa yang saya lakukan dan yang saya dapatkan. Terus pantau blog saya ini untuk mendapatkan pengalaman baru Seputar servis parabola. Atau anda juga bisa berbagi ilmu dengan rekan sesama tuser di kolom komentar yang tersedia.

Terimakasih!