Cara Memperbaiki Parabola Hilang Sinyal dengan 7 Macam Kerusakan Berbeda

Pada jenis parabola c band maupun ku band akan mengalami kerusakan hilang sinyal. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk mengetahui penyebab dan kerusakan yang terjadi untuk dapat memperbaiki kerusakan parabola. Ada banyak faktor dan penyebab, anda harus memahami bagaimana sistem parabola bekerja, komponen apa yang digunakan dan memahami program pada receiver. Dengan begitu anda akan dapat memperbaiki kerusakan parabola sinyal hilang.
Baca dulu: komponen parabola dan fungsinya Cuaca alam adalah Faktor yang paling sering mempengaruhi kinerja parabola. Karena bagaimanapun parabola memang bekerja di luar ruangan, sehingga komponen parabola sangat sering terjadi kerusakan yang disebabkan oleh hujan, panas dan angin. Sehingga lambat-laun komponen akan mengalami penurunan kualitas, misalnya; kabel rapuh, lnb kemasukan air hujan dll. Atau yang sering terjadi yaitu parabola tertiup angin. Jika tertiup angin saja, mungkin penanganan akan sangat mudah, terkadang hanya menggeser sedikit saja si…

Kesalahan saat tracking 4 lnb telkom 4 palapa asiasat7 asiasat5 ( studi khusus 4 lnb)


Kesalahan saat tracking 4 lnb Telkom Palapa Asiasat 7 Asiasat 5 - Beberapa hari yang lalu saya melakukan tracking dengan menggunakan 4 lnb untuk menangkap siaran Telkom Palapa Asiasat7 dan Asiasat 5. Pada tracking kali ini terbilang cukup berhasil, meskipun ada beberapa kendala yang saya hadapi dan ternyata kesalahan saya sendiri.

Apa saja yang menghambat saya dalam mencari sinyal 4 satelit ini?

Berikut ini akan saya tuliskan beberapa kesalahan saat saya tracking menggunakan 4 lnb yang membuat saya bingung.

Mungkin hal ini bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang kebingungan dalam mentacking 4 lnb :

Pertama saya akan menuliskan skema perakitan lnb:

Pada perkitan lnb:


Port 1 Palapa D
Port 2 Telkom 4
Port 3 asiasat 7
Port 4 asiasat 5

Pada program receiver pun juga sama Palapa lnb 1, Telkom 4 lnb 2, Asiasat 7 lnb3, dan Asiasat 5 pada lnb 4.

Namun setelah saya tracking hasilnya membingungkan karena yang nyantol sinyal nya hanya pada Palapa D.

Chanel Yang lainnya tidak mau nyantol sama sekali. Biasanya yang paling mudah mendapatkan sinyal adalah Telkom 4 namun kali ini malah Palapa yang mudah mendapatkan sinyal.

Dimana letak kesalahannya?

BACA JUGA: Tips mudah mengganti LNB bagi pemula

Begini…!

Mungkin karena keteledoran saya dalam instalasi swit dan lnb. Sebelum merakit lnb untuk 4 satelit sebelumnya, merupakan bekas menangkap satelit Apstar 6 pada saat menggunakan Telkom 3s. Sehingga tanpa melepas switch pada Palapa D dan Telkom  , terjadi kesalahan pada peletakkan lnb.

Pada program port 2 Palapa port 1 Telkom. Namun ternyata pada switch, port 2 tetap Palapa dan port 1 Telkom 4 sehingga pada satelit Telkom 4 tidak menangkap sinyal.

Pada saat menangkap apstar 6 psisi lnb yang Palapa Telkom berada pada sebelah timur,  ketika digunakan pada 4 lnb untuk Asiasat7 dan 5 posisi pada sebelah barat, maka swictnya terjadi pertukaran karena posisi lnb. 

Selain itu juga terdapat kesalahan pada program instalasi antena, yaitu asia 5 dan asia 7 pada port lnb belum on, sehingga pantas terjadi tidak menangkap sinyal sedikitpun meski sudah di bolak balik ke barat timur selatan utara.

Hal ini saya sadari dari sebuah foto yang menunjukan bagaimana instalasi yang saya lakukan ketika
saya amati memang terjadi kesalahan pada instalasi switch lnb.

Kemudian saya perbaiki kesalahan tersebut yaitu:

Pada program receiver karena lnb sudah terlanjur saya pasang ke parabola sehingga jika harus mengotak-atik instalasi switch akan sedikit susah. Lebih baik kita perbaiki pada program receiver .

Pada telkom 4 port 2, Palapa  D port 1, asiasat 7 port 3, dan asiasat 5 port 4.

Ternyata sepele semua namun membuat bingung jika tidak mengetahui kesalahan kita sendiri.

Setelah perbaikan pada program receiver sinyal dengan mudah didapatkan. Bahkan ketika lock palapa dan telkom 4, asiasat langsung nongol juga. Karena kebetulan sekali mungkin langsung mau nyantol semua. Hal ini karena saya menggunakan kompas. Sehingga arah lnb dengan pasti mengarah arah barat dan timur. Jika tidak memakai kompas biasanya akan lebih lama karena mencari arah yang tidak pasti.

Pada perakitan lnb 4 ini saya menggunakan ukuran

  • Palapa D -->>Telkom , 4 cm, 
  • Asiasat 7 -->>>Asiasat 5, 0,5cm.

Ukuran dis menggunakan 7,5 fit jaring merek ora. Jika ditanya berapa kedalaman lnb? tidak tau! saya cuma asal, tapi yang saya ingat ke empat lnb saya taruh pada kedalaman 38 pada nomor yang tertera pada body lnb. Namun pernah juga saya menggunakan kedalaman 2 cm diukur pada bibir lnb bagian bawah. Hasilnya juga sama.

Mungkin ini karena keuntungan mengunakan tiang fokus model cangkul. Jika menggunakan tripot maka akan sangat berpengaruh sekali kedalaman lnb karena jika model cangkul dapat disetel ketinggian tiangnya. Jika model tripot akan sangat sulit jika belum memiliki pengalaman secara pasti menerapkan kedalaman model jenis 4 lnb.

Untuk lock saya menggunakan MNC TVTRANS TV, TRANS 7,  dubai tv dan xingxong. Hasilny lumayan.

Nah itulah sedikit catatan saya dalam merakit sekaligus tacking menggunakan 4 lnb.

 Semoga bermanfat.