Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Parabola Polaritas Vetikal maupun Horizontal tidak ada Sinyal

Cara memperbaiki parabola polaritas vetikal maupun horizontal tidak ada sinyal- pancaran sinyal satelit dari luar angkasa memiliki dua polaritas yang dimiliki pada ternsponder  yaitu polaritas vertikal dan polaritas horizontal. Jika dilihat secar seksama pada beberapa frekuensi pada masing-masing stasiun televisi memilliki polaritas yang berbeda.  Di menu biasanya di singkat dengan “V” dan “H”.

Pada beberapa kerusakan parabola seringkali salah saru polaritas saja yang sinyalnya hilang. lantas apa sajakah penyebabnya? mari kita bahas pada artikel kali ini yang mudah-mudahan anda dapat mengatasinya dengan mudah.

Secara sistem kerja pada parabola juga memiliki dua polaritas. Letak sistimnya terdapat pada lnb dan juga kemampuan receiver untuk membaca setiap sinyal vertikal maupun horiontal.  sehingga jika keduanya mengalami kerusakan kemungkinan besar kerusakan berasal dari lnb ataupun receiver. dengan catatan sudah mengtracking secara maksimal.

Lalu bagaimanakah mencari sumber kerusakanya?

1. Lihatlah salah satu frekuensi yang ada pada polaritas yang bermasalah. sebagai contoh:
pada mnc tv menggunakan polaritas vertikal pada sistem penerimaanya. kebetulan polaritas horizontal sctv dan indosiar sduah ada sinyal. maka yang harus anda lakukan adalah tracking sinyal ertikal terlebih dahulu. jika tidak ada sinyal sama sekali maka coba dengan cara mngganti receiver lain dulu. Dari sini kita akan melihat kerusakan apakah di recceiver atau di lnb palapa.

2. Contoh lain pada beberapa kejadian orang mengalami kerusakan sinyal kadang-kadang ada kadang hilang. Kerusakan ini seringkali di alami oleh chanel sctv dan indosiar yang menggunakan sistem pancaran horizontal. Penyebab paling sering adalah keadaan dish yang kurang terkunci dengan kuat sehingga ketika ada angin sedikit saja ada efek sinyal hilang timbul , terutama jika sinyal dalam keadaan minimum dibawah 40%. selain karena dish kurang kuat dalam mengunci salah satu yang paling sering dilewatkan adalah memeriksa kabel. karena sesuai dengan penglaman admin bahwa kabel jugam engakibatkan sinyal pada polaritas Horizontal hilang. Ada beberapa kasus bahwa kabel pada bagian serabut ground menglami pelapukan. sehingga sinyal yang dikirim ke receiver cenderung lambat jika terjadi impedansi pada kabel.


3. Jika receivernya yang rusak maka yang harus dilakuan adalah mengganti receiver baru . karena pada dasarnya, jika receiver tidak bisa menerima salah satu polaritas vertikal maupun polaritas horisontal. maka kemungkinan kecil untuk bisa diperbaiki. dari beberapa kasus, kerusakan receiver pada salah satu polaritas disebabkan karena kerusakan mpg board pada bagian tegangan menuju lnb. jika tegangan untuk suplay lnb mengami drop maka receiver tidak dapat menerima sinyal pada polaritas yang disuplay. jika pada power suplay di tegangan 22 volt drop maka kemungkinan juga akan terjadi keruskan sejenis hal ini biasanya diakibatkan oleh elco pada sekunder power suplay kering sehingga tegangan pada 22v drop.

Demikian artikel cara memperbaiki parabola polaritas vetikal maupun horizontL tidak ada sinyal.

semoga bermanfaat.