Cara Memperbaiki Parabola Hilang Sinyal dengan 7 Macam Kerusakan Berbeda

Pada jenis parabola c band maupun ku band akan mengalami kerusakan hilang sinyal. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk mengetahui penyebab dan kerusakan yang terjadi untuk dapat memperbaiki kerusakan parabola. Ada banyak faktor dan penyebab, anda harus memahami bagaimana sistem parabola bekerja, komponen apa yang digunakan dan memahami program pada receiver. Dengan begitu anda akan dapat memperbaiki kerusakan parabola sinyal hilang.
Baca dulu: komponen parabola dan fungsinya Cuaca alam adalah Faktor yang paling sering mempengaruhi kinerja parabola. Karena bagaimanapun parabola memang bekerja di luar ruangan, sehingga komponen parabola sangat sering terjadi kerusakan yang disebabkan oleh hujan, panas dan angin. Sehingga lambat-laun komponen akan mengalami penurunan kualitas, misalnya; kabel rapuh, lnb kemasukan air hujan dll. Atau yang sering terjadi yaitu parabola tertiup angin. Jika tertiup angin saja, mungkin penanganan akan sangat mudah, terkadang hanya menggeser sedikit saja si…

Macam, Jenis dan Fungsi LNB

Macam Jenis lNB dan Pengertiannya  - Tidak terpungkiri bahwa teknologi di dunia parabola terus brkembang terutama pada komponen lnb. Hal ini dipengaruhi oleh cepatnya pertumbuhan pengetahuan di dunia internet sehingga para pecinta satelit dengan mudah mangakses informasi di internet tentang mencari sinyal parabola dengan komponen yang lebih canggih.

Namun yang akan kita bicarakan di sini adalah macam jenis lnb parabola, hal ini sangat penting untuk kita ketahui. Karena permintaan masarakat untuk mendapatkan chanel yang aneh-aneh bisa di atasi dengan berbagai tekologi lnb yang bisa kita dapatkan dipsaran agar bisa memenuhi parminataan.

Atau juga penting bagi pedagang yang mungkin belum ahu apa saja materi dan barang yang akan dijual di toko anda.

Berikut merupakan jenis-jenis lnb parabola berdasarkan fungsionalnya.

1. lnb Combo 

Merupakan LNB yang menggabungkan dua jenis LNB berbeda C-band dan KU-band sehingga dapat menerima dua kanal siaran satelit c banda dan ku band. dalam satu body lnb yang digabung.

2. s-band
LNB S-band ini merupakan LNB khusus untuk satelit pancaran s band. di indonesia satelit yang menggunakan pancaran s band adalah indovision atau sekarang berubah menjadi mnc vision. jadi s band hanya digunakan untuk indovision saja.


3. lnb ku band
lnb ku-banda untuk menerima siaran satelit dari jaringan frekuensi KU band.

4. prime fokus

LNB Prime fokus digunakan sebagai penangkap sinyal dengan sensitivitas yang tinggi, untuk dapat mencakup sinyal satelit yang jauh dari beam yang di wilayahkan. sinyal yang dapat diterima adalah jenis frekuensi ku band.

5. lnb doble 2r
lnb 1 r ,2 r ,3 r 4 r sebenarnya sama saja yang menjadi perbedaan hnya pada output pada lnbnya saja. 2r berarti untuk dua output. sebagai contoh kita akan memasang dua buah receiver maka yang diguakan lnb 2r ini. dengan menggunakan dua swith pula. Jadi perbedaan hanya pada jumlah outputnya saja.


6. Lnb dual polarity
Lnb ini pada outputnya terdapat dua sket konektor yang mengeluarkan dua jenis polaritas yang brbeda. jika dilihat secara fisik hampir sama dengan lnb 2r. namun yang menjadi perbedaan adalah output pada masing soket konektor.

Perbedaan paling dasar jika lnb 2 r ,pada masing masing soket mengeluarkan 2 polaritas sekaligus. sedangkan pada dual polaritas pada masing masing soket hanya mengeluarkan satu polaritas saja.

7. Lnb 15k, 12k,17k
K kepanjangandari nilai Kelvin. semakin kecil nilai kevin maka akan semakin baik.


Itulah yang sering menjadi bahan pertanyaan mengenai lnb berdasarkan fungsional yang biasanya ditanyakan dan dipesan oleh konsumen.

Semoga bermanfat.......

jika ada yang salah mohon maaf bisa dipostkan di kolom komentar.