Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Memperbaiki Parabola Sinyal Hilang Timbul

Musim hujan kali ini saya mendapatkan berbagai keluhan mengenai kerusakan parabola. terutama kerusakan dengan gejala sinyal hilang timbul.

Kemudian apa hubungannya dengan musim hujan? kali  ini saya akan menulis mengenai masalah kerusakan parabola sinyal hilang timbul yang sering terjadi pada musim hujan, juga bisa terjadi pada musim angin dan panas.

Kemungkinan penyebab paling sering adalah karena penutup lnb sudah rapuh sehingga air hujan masuk ke dalam konektor sehingga mengakibatkan kabel lembab berkarat akhirnya korosi. atau air hujan meresap kedalam lnb dan switch sehingga kemungkinan short pada komponen yang terhubung dengan tegangan.

Bukan saja air hujan, panas matahari pun, juga bisa mengakibatkan terjadi kerusakan rapuhnya pada kabel. Sehingga sinyal dan tegangan tidak konek dengan lnb.


langkah memperbaiki:

Pertama, pastikan konektor pada receiver harus dipastikan benar dalam keadaan baik.

Kedua pastikan bahwa saat antena parabola di goncangkan memang tidak mudah berubah. Karena kerusakan seperti ini terkadang disebabkan oleh dish parabola kurang terkunci dengan erat sehingga ketika terkena angin sedikit saja sinyal mudah hilang.

Kemudian memastikan untuk membuka semua konektor kabel jumper lnb dan konektor dari receiver. Catatan bahwa memang pelindung dari air hujan sudah rusak. jika masih dalam keadaan baik kemungkinan terjadi kerusakan pada switch.


Hal-hal tersebut terlihat sepele namun terkadang memang butuh ketelatenan untuk cek bagian satu per satu agar maslah bisa teratasi.

Jika konektor dalam keadaan baik tidak bermasalah, sekarang mencoba mengganti switch.

Kita coba tracking dengan menggunakan switch baru. biasanya jika kerusakan hanya terjadi pada switch sinyal akan muncul dengan lancar tanpa mengalmi putus nyambung.

catatan pengalaman:

Sinyal hilang timbul juga disebabkan oleh kesalahan programing terutama bagi pengguna komponen 22k sebagai switch. jika saat memogram 22k on terbalik maka mengakibatkan sinyal hilang timbul. memang cukup membingungkan. sebagai contoh;

Program yang benar seharusnya lnb 1 22k on, namun malah yang telkom on. jadi ini sebuah kesalahan sepele namun membingungkan. jadi kita tinggal balik saja 22k yang di on kan. ha ini biasanya dialami oleh pengguna receiver baru yang belum diprogram dengan 22k belum dionkan.

Begitulah catatan saya hari ini mengenai parabola sinyal hilang timbul semoga bermanfaat !!!