Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Jarak PALAPA D dengan TELKOM 4?

Seringkali ada kebimbangan dalam hal menentukan jarak LNB palapa telkom4 pada parabola c-band perubahan tahun 2019 ini, yang sebenarnya tidak terlalu signifikan. Hanya saja pada dasarnya ini merupakan perubahan bisa dibilang pemulihan posisi satelit TELKOM 1 sebelum berganti ke TELKOM 3S.

Berapa Jarak PALAPA D dengan TELKOM 4?
penggambaran jarak palapad dan telkom 4 sebagai ilustrasi
Untuk sekarang, TELKOM 4 ada di Posisi 108.0 drajat E persis posisi TELKOM 1. TELKOM 4 diluncurkan tahun 2018 lalu ini bernama satelit satelit merah putih.

Lalu berapa jarak PALAPA D dengan TELKOM 4?


Seperti yang saya bilang diatas, bahwa posisi TELKOM 4  menempati pada saat menggunakan  TELKOM 1 atau 108 drajat. Jadi untuk jarak antar lnb masih sama seperti dulu. Namun yang meski dilakukan adalah merubah posisi lnb. Jika saat menggunakan telkom 3s, lnb sebelah timur-palapa dan barat-telkom 3s sekarang kebalikanya. Telkom 4 di sebelah timur dan palapa di sebelah barat.

Jangan terbalik posisi tersebut karena saat tracking akan kesulitan mensejajarkan posisi sinyal antara palapa dan telkom 4.

Jarak palapa telkom tidak berubah masih sama saja. Jarak pada dish 8 fit bisa dikatakan rentang antara 3-4 cm. Karena pada masing-masing pengalaman setiap orang pasti berbeda, berapa sinyal yang didapatkan.

Sepertinya ini akan sama jaraknya Ketika saya menulis tentang Jarak antara palapa dan telkom 3s. Namun akan berbeda pada posisi penerimaan LNB

Untuk kedalaman 2 cm diukur dari bawah body lnb ke horn atau dudukan lnb. ini akan sedikit lebih bisa di stel bagi ag menggunakan tiang fokus model cangkul ketinggian lnb masih bisa diatur. bagi yang menggunakan stand tripot maka harus menentukan secara pasti tapi menggunakan 2 cm untuk kedalaman bisa nyantol.


Berapa jarak apstar 6 dengan palapa dan TELKOM 4?


Pernah sekali saya coba tracking dengan apstar 6. jaraknya semakin menjauh. Jika dulu terukur dari satelit telkom 3s 27 cm sekarang menjadi 37cm dari lnb palapa.

Kesimpulan mengenai berapa jarak palapa telkom tahun 2010 ini masih sama dengan tahun sebelumnya tidak berubah , bahkan saat menggunakan telkom 3s tidak merubah jarak LNB. hanya merubah pada instalasi antena membalik sistem kerja palapa di barat dan telkom di timur. Jadi jika anda hanya mencari sinyal telkom 4 tidak usah mengubah jarak, berbeda hal jika anta memasang parabola baru anda harus tau berapa jarak palapa telkom.

Sedikit berbagi semoga bermanfaat mengenai jarak lnb antara palapa d dan  TELKOM 4.

Baca juga: panduan cara mencari satelit telkom 4