Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Tracking TELKOM 4 Pertama Kali

TELKOM 4 - Kemarin sempat ada seorang user parabola kehilangan sinyal telkom 3 S, kemudian menghubungi saya selaku sebagai teknisi parabola. Tapi kali ini yang membuat saya bingung tersirat kabar adanya perpindahan frekuensi dari telkom 3s ke TELKOM 4. Namun ini apakah benar atau tidak karena dari kemarin frekuensi yang ada di telkom 3s masih aktif. Lantas saya bingung antara tracking telkom atau TELKOM 4.

Bingungnya adalah ketika saya hanya tracking TELKOM 3s besok jangan-jangan pindah seluruhnya ke telkom 4. Kan pelanggan pasti komplain jika tidak mengerti mengenai perpindahan satelit.

Entah bagaimana menjelaskan lebih mudah agar mudah dipahami oleh orang tua pada khususnya yang mereka tahu yang penting chanel mereka ada sinyal.

Mungkin daripada nanti dikomplain disuruh benerin lagi, labih baik jika langsung trackng telkom 4.

Tapi mikir-mikir juga jika menggunakan 4 lnb karena harus mengganti dudukan pula. aduh! ini yang sering saya enggan jika harus merubah posisi lnb.

Karena TELKOM 4 ini menduduki 108 drajat yaitu menduduki posisi TELKOM 1 dulu sebelum mati.
jadi asia 7 dan asia 5 harus berubah lagi pada tata letak lnb.Tapi kali ini untung tidak menggunakan 4 lnb cukup hanya menggunakan 2 lnb saja sehingga kerja lebih ringan cukup membawa program receiver yang sudah berisi dengan frekuensi dari TELKOM 4 kemudian melakukan tracking . dalam waktu satu jam langsung jadi termasuk sudah bongkar pasang genting. Sinyal melimpah lumayan rata-rata telkom dan palapa sinyal mencapai 50% cukup aman apabila terkena goncangan angin.
baca juga: cara mencari satelit telkom 4
Sedikit info bagi anda yang masih awam parabola semoga bermanfaat:
cerita mencari chanel trans 7 di satelit telkom 4 melalui parabola C band

Ketika ingin tracking TELKOM 4 gunakan fekuensi telkom 4 jangan menggunakan frekuensi yang ada di TELKOM 3s karena dijamin akan gagal. Hal ini sering saya temui pada beberapa orang ketika tracking tidak memeriksa frekuensi yang mereka gunakan untuk mencari sinyal. Misalnya bisa jadi frekuensi yang mereka gunakan sudah usang atau berganti. untuk telkom 4 saya menggunakan frekuensi milik trans 7 anda bisa membukanya di link artikel berjudul frekuensi terbaru telkom 4 tahun 2019 sebagai acuan tracking TELKOM 4.

Demikian shering kali ini mudah-mudahan sedikit memberikan refrensi terutama bagi pemula di dunia parabola mengenai TELKOM 4

Sebenarnya saya juga pemula dan sering gagal. dan saya menuliskannya agar anda tidak mengulangi apa yang saya lakukan.