Cara Memperbaiki Parabola Hilang Sinyal dengan 7 Macam Kerusakan Berbeda

Pada jenis parabola c band maupun ku band akan mengalami kerusakan hilang sinyal. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk mengetahui penyebab dan kerusakan yang terjadi untuk dapat memperbaiki kerusakan parabola. Ada banyak faktor dan penyebab, anda harus memahami bagaimana sistem parabola bekerja, komponen apa yang digunakan dan memahami program pada receiver. Dengan begitu anda akan dapat memperbaiki kerusakan parabola sinyal hilang.
Baca dulu: komponen parabola dan fungsinya Cuaca alam adalah Faktor yang paling sering mempengaruhi kinerja parabola. Karena bagaimanapun parabola memang bekerja di luar ruangan, sehingga komponen parabola sangat sering terjadi kerusakan yang disebabkan oleh hujan, panas dan angin. Sehingga lambat-laun komponen akan mengalami penurunan kualitas, misalnya; kabel rapuh, lnb kemasukan air hujan dll. Atau yang sering terjadi yaitu parabola tertiup angin. Jika tertiup angin saja, mungkin penanganan akan sangat mudah, terkadang hanya menggeser sedikit saja si…

Panduan Cara Mencari Satelit TELKOM 4 Tahun 2020

Satelit telkom akan identik dengan tayangan trans 7 trans tv dan antv. jika tahun kemarin ada di telkom 3s untuk tahun ini sudah berada pada telkom 4.

 Bagaimana cara mencari satelit TELKOM 4 atau yang sering disebut satelit merah putih?Caranya sangat sederhana dan mudah sekali bagi yang sudah sering otak-atik parabola jenis c-band atau yang pernah setting saat anomali terjadi pada telkom1 berpindah ke TELKOM 3S.

Kali ini saya akan shering mengenai cara mencari satelit TELKOM 4 yang saya lakukan, sebenarnya saya pernah mengsherenya di artikel; frekuensi terbaru satelit TELKOM 4 tahun 2019. Tapi tidak ada salahnya jika disini lebih saya perjelas bagiaman caranya. Yang pasti, caranya sama dengan saat setting mencari satelit TELKOM 3S, tapi kali ini kebalikanya atau mengembalikan settingan program maupun arah parabola seperti saat menggunakan TELKOM1  sebelum satelit tersebut kemudian mati.

Ada dua macam cara mencari satelit TELKOM 4 yaitu melakukan perputaran tiang fokus pada jenis dish tiang fokus cangkul atau cara ke dua yaitu merubah posisi dseq /switch.

1. Mencari TELKOM 4 Dengan cara memutar arah tiang fokus


Ini berlaku jika dulu anda pernah merubah arah tiang fokus pada saat terjadi perubahan satelit TELKOM 3S. Kembalikan seperti semula yaitu arah cangkul menghadap ke-timur. Kemudian baru bisa langsung tracking dengan menggunakan frekuensi terbarunya dari satelit TELKOM 4 untuk lock sinyal. Mungkin yang menggunakan metode ini pada seting antena meggunakan program;

-Satelit PALAPA port 01
-Satelit TELKOM 4 port 02

Karena dahulu merubah arah tiang fokus berarti posisi dseq tidak berubah. ini akan berbeda dengan yang hanya menggunakan sistem merubah diseq pada pengaturan antena pada receiver. Dengan cara memutar tiang fokus inilah yang dianggap paling mudah pada saat mencari satelit TELKOM 3S.

Panduan Cara Mencari Satelit TELKOM 4 Tahun 2019


2. Mencari satelit telkom 4 Dengan cara merubah dseq/switch


Pada cara ini sebenarnya simple namun sebagian orang masih juga bingung. yang dimaksud merubah posisi dseq adalah merubah kerja dari masing-masing lnb. Misalnya lnb yang digunakan untuk mengkap satelit palapa berada di sebelah barat kemudian untuk menangkap satelit TELKOM4 menggunakan lnb sebelah timur. Maka yang dirubah dalam receiver pada instalasi antena adalah bagina port lnb 1 ditempatkan PALAPA. lnb 2 ditempatan satelit TELKOM4. jika terbalik dalam pengaturan instalasi antena akan terjadi sinyal saling tarik-menarik yaitu ketika palapa ada sinyal TELKOM akan hilang begitu sebaliknya..
Perhatikan warna kabel, kemudian samakan dengan pengturan antena pada receiver

Dari dua cara diatas anda harus paham instalasi antena. Agar tidak bingung anda harus melihat pada bagian pengaturan program- pilih instlasi antena, kemudian lihat bagaimana instalasi antena reciver yang anda miliki. Jika port 01 PALAPA, port 2 TELKOM kemungkina dulu pernah di balik pada tiang fokusnya atau bisa jadi konektor lnbnya yang ditukar. untuk memastikanya coba llihat arah tiang fokus.

Jika cangkul mengarah ke barat berarti anda harus membalik fokus cangkulnya ke arah timur. Mungkin dulu cara settingnya hanya membalik tiang fokus.

jika tiang fokus masih mengarah timur berarti dulu pernah dibalik konektor lnb 1 untuk palapa di sebelah timur kemudian TELKOM 3s lnb2 disebelah barat. Cara ini jika anda tidak ingin ribet menukar konektor switch bisa merubah pada pengaturan instalsi antena yaitu dialik PALAPA port 2, TELKOM4 port 1.

Jika pernah disetting sendiri itu akan lebih mudah, namun jika awalnya disetingkan oleh teknisi, kemungkian akan sedikit rumit karena terkadang pada bagian komponen lnb dan switnya yang dirubah pada saat setting TELKOM 3s karena ada berbagai cara tergantung masing-masing dari pemahaman seseorang mengenai setting parabola, pada saat terjadi perubaha TELKOM 1. yaitu dengan memilih merubah program receiver pada instalasi atena, atau merubah switch konektor dan memutar tiang fokus.
baca juga ;cara merakit 4 lnb palapa telkom 4 asiasat 7 dan asiasat 5

Versi parabola normal cangkul menghadap timur, pada pengaturan instalasi antena.


Awal saat TELKOM 3s;
TELKOM 3S port 1
PALAPA port 02
>>>>>>
DIRUBAH TELKOM 4;
TELKOM 4 port 02
PALAPA port 01

Kemudian tracking dengan cara menambahkan frekuensi terbaru dari TELKOM 4 misalnya pada trans tv dan trans 7 masuk ke edit frekuensi pada masing masing chanel. Karena frekuensinya berbeda dengan di satelit telkom 3s. atau bisa melalui menu tambah chanel.

 Kemudian frekuensi tersebut digunakan untuk memonitor ketika menggerakkan parabola perlahan sambil melihat sinyal yang didapat. Biasanya pada beberapa orang pada saat mencari sinyal parabola mereka belum mengetahui tentang hal ini sehingga mereka kesulitan menemukan sinyal yang dicari. Oleh sebab itu,Yang meski diingat adalah saat mencari satelit TELKOM 4 memonitor sinyal harus menggunakan frekuensi yang ada di satelit telkom 4 yaitu trans tv trans 7 antv, kemudian untuk PALAPA D frekuensinya masih sama belum berubah.

Sekian semoga bermanfaat!