Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Baut Patah pada Penjepit Setang Timur-barat Dish Parabola

Kali ini saya mendapatkan sebuah dish bermasalah awalnya hanya memperbaiki tidak ada sinyal. Ternyata setelah mencoba mengendurkan baut pengunci pada setang timur barat, patah. Maka ini akan sulit di-setting bahkan di-kendurkan pun tidak bisa.

Sempat bingung bagaimana cara memperbaiki masalah ini seperti kemarin yang lebih parah yaitu tiang fokus yang patah. Sekarang pada bagian baut. Saya berfikir untuk mengganti dengan pergi ke tukang las namun itu terlalu lama. Jadwal sudah menunggu. Setelah berfikir agak lama saya memutuskan untuk mengatasi dengan cara sebagai berikut
tips sederhana mudah dan praktis

keterangan gambar:

Pertama copot baut 1 dan 2 untuk mengambil setang beserta baut yang patah. Hal ini dilakukan agar mudah untuk memudahkan melepas setang yang kejepit.

Kemudian pipih-kan pipa yang menjepit setang, dengan cara memukul menggunakan martil sampai setang bisa dilepas sesuai arah panah. ketika semakin pipih maka baut pengunci akan mundur --03 sehingga akan bisa dilepas.

Setelah bisa dilepas. Kita setting dulu parabola nya sampai maksimal.

 Kemudian baru kita kunci seperti gambar menggunakan baut.

selain mengunci di bagian pengunci setang, kuatkan baut pada tuasnya pula.

Praktis menghemat waktu pengerjaan. Namun kembali lagi pada keyakinan kita. jika tidak yakin dengan cara ini bisa menggunakan cara yang benar yaitu pergi ke tukang las....hehee.
Oke sekian tips sedikit mudah mudahan bermanfaat!