Cara Memperbaiki Parabola Hilang Sinyal dengan 7 Macam Kerusakan Berbeda

Pada jenis parabola c band maupun ku band akan mengalami kerusakan hilang sinyal. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk mengetahui penyebab dan kerusakan yang terjadi untuk dapat memperbaiki kerusakan parabola. Ada banyak faktor dan penyebab, anda harus memahami bagaimana sistem parabola bekerja, komponen apa yang digunakan dan memahami program pada receiver. Dengan begitu anda akan dapat memperbaiki kerusakan parabola sinyal hilang.
Baca dulu: komponen parabola dan fungsinya Cuaca alam adalah Faktor yang paling sering mempengaruhi kinerja parabola. Karena bagaimanapun parabola memang bekerja di luar ruangan, sehingga komponen parabola sangat sering terjadi kerusakan yang disebabkan oleh hujan, panas dan angin. Sehingga lambat-laun komponen akan mengalami penurunan kualitas, misalnya; kabel rapuh, lnb kemasukan air hujan dll. Atau yang sering terjadi yaitu parabola tertiup angin. Jika tertiup angin saja, mungkin penanganan akan sangat mudah, terkadang hanya menggeser sedikit saja si…

Kelemahan Menggunakan Receiver LG sat digunakan untuk tracking parabola


Saya menggunakan receiver LG saya MPG2. Dengan tipe lg-101. Sering saya bawa untuk tracking parabola di berbagai tempat.

Yang saya ingin sampaikan disini adalah kelemahan menggunakan receiver LG sat untuk digunakan sebagai alat monitor sinyal.

Hal yang paling menyebalkan dari receiver ini adalah penunjukan nilai persentase kualitas sinyal angka digital tidak bisa setabil. Selalu naik turun. Misalkan kita sudah dapat sinyal, namun nilai tidak bisa menetap. Seperti halnya ketika dish terbawa angin.


Selain hal tersebut ternyata saya sering ketipu oleh angka dari receiver LG sat. Misalkan kita mengarah sinyal RCTI dengan kualitas sinyal 40. Namun ketika dipasang di receiver lain, ternyata masih dalam keadaan cekatan cekot. Dengan nilai persentase 30%.

Mungkin berbeda ketika menggunakan tv mini. Keadaan gambar bisa dilihat secara langsung. Namun hanya mengandalkan persentase dari kualitas sinyal maka akan tertipu apabila menggunakan receiver LG sat terutama lg-101.

Nah sekarang saya mulai paham dimana spot sinyal pada rreciver LG sat, apakah masih cekatan cekot atau gambar sudah jernih yaitu dengan melihat persentase sinyal di atas 40%+ naik turun sampai 45%+.

Apabila masih di angka 40 namun sinyal diam itu berarti gambar masih cekatan cekot. Jadi aneh, padahal angka 40, diam itu menandakan sinyal setabil namun ternyata kebalikannya.

Oleh sebab itu saya tidak menyarankan untuk anda menggunakan receiver LG sat untuk monitor tanpa tv mini. Karena akan dua kali kerja, apabila ada salah satu atau beberapa cahnel yang belum setabil sinyalnya.

Untuk rekomendasi receiver mpg2 untuk monitor sinyal parabola yaitu receiver matrix, Venus terutama yang mp2 yang masih menggunakan sistem info pada remote secara langsung.  Lebih bagus menggunakan receiver mp4 Tanaka misalnya, namun harus menggunakan tv mini. Karena mp4 harus menggunakan program yang sedikit repot.

Demikian sedikit berbagi pengalaman saya dalam menggunakan  receiver LG sat mp2 sebagai alat tracking parabola.

Semoga bermanfaat....!