Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan lengkap Cara pasang Antena Parabola C-Band

Kali ini saya mendapat orderan, pasang parabola jenis C-BAND dengan menggunakan dua lnb PALAPA dan TELKOM 4. Karena kepikiran untuk membuat tutorial, jadilah foto dokumentasi bagaimana saya merakit sampai memogram prabola.

Mempelajari tanpa dasar terutama mengenai parabola akan mengalami kesulitan, bahkan bisa gagal.  Oleh sebab itu, perhatikan dengan seksama cara pasang antena parabola yang baik, agar menemukan keberhasilan saat traking sinyal parabola.




1. Memasang tiang

 Pertama, yang meski dilakukan adalah menentukan tempat dish akan dipasang. Usahakan tempat tidak dekat dengan jaringan listrik PLN agar tidak membahayakan.

Pastikan tempat pada bagian atas tidak terhalang oleh pohon atau dedaunan yang rimbun, karena hal ini akan menyebabkan sinyal yang didapat tidak akan maksimal atau jika lokasi banyak dedaunan jatuh kedalam dish akan mengganggu kesetabilan sinyal.

Biasanya tempat yang aman dan tidak terganggu oleh aktifitas manusia ditempatkan pada atap rumah. Selain tidak terganggu, juga tidak memakan tempat. Namun kembali lagi kepada anda, jika ingin kemudahan dalam memasang, ya ditempatkan dibawah juga tidak mengapa asalkan, tiang parabola tidak goyang.

Memasang tiang ditempel di beton biasanya menggunakan fisher, namun jika tempatnya kayu, fisher tidak perlu, cukup baut saja sudah cukup. Usahakan jangan sampai miring parah, gunakan lot sederhana agar tidak miring banget.  Hal ini utuk memudahkan nanti saat setting.

Gunakan mata bor ukuran 12 atau 10 tergantung berapa ukuran fisher dan baut. Jangan lupa saat anda membeli sebuah tiang parabola biasanya dilengkapi dengan klem pengunci pada bagaian atas. Pasang fisher, pada lubang yang telah dibor tadi, kemudian baru memasang baut saat tiang sudah ditempelkan. Patikan bahwa tiang benar benar-kuat, karena sinyal akan sulit didapat jika tiang tidak kuat.

2. Merakit Dish dan LNB

 tahap perakitan dish dan lnb. pada tahap perakitan sangat penting untuk diprhatikan. Karena ini akan menentukan keberhasilan dalam menemukan sinyal. Terutama pada instalasi lnb.

Cara merakit dish

Satukan separuh bagian terlebih dahulu seperti pada gambar, Begitu pula pada bagian yang separuhnya.
cara memasang parabola c band

Kemudian satukan kedua bagian yang telah disatukan tadi, carilah tempat yang datar untuk memasang keduanya, atau jika tidak ada tempat yang luas bisa menggunakan media dinding untuk menyatuka kedua bagian.
Panduan lengkap Cara pasang Antena Parabola C-Band



Pastikan mur baut terkunci dengan benar,

pasang parabolaPanduan lengkap Cara pasang Antena Parabola C-Band
Setelah itu, pasang mounting pada bagian tengah.

Cara merakit lnb

Pada beberapa jenis dish perakitan lnb berbeda-beda, kali ini saya menggunakan dish soccer. Pada jenis soccer terkenal dengan sinyal mudah. Namun mudah bagi yang sudah tahu bagaimana menginstalasi lnb secara baik dan benar. Nah oleh sebab itulah pentingnya dalam merakit sebuah lnb.

Panduan lengkap Cara pasang Antena Parabola C-Band

Pada angka 0 usahakan sejajar lurus agar sinyal tidak saling tarik merarik. Jarak antar lnb juga harus diperhatikan yaitu 3,5cm pada dish soccer.

Pada pemasangan dseg pada lnb, pastikan dseg 1 pada Palapa d kemudian dseg 2 pada Telkom 4 .

Perhatikan gambar berikut

Pada angka 1 hubungkan dengan dseg 1, pada lnb no2 pasangkan dengan dseg no 2.

Panduan lengkap Cara pasang Antena Parabola C-Band

Setelah itu pasangkan tiang focus pada dish, bersamaan dengan itu masukkan pula kabel utama kedalam pipa focus.

baca juga; cara merakit 2 lnb palapa dan telkom

Sampai disini proses Pada tahap perakitan telah selesai tinggal pasangkan dis pada tiangnya.

3.      Cara mencari sinyal [proses tracking]

Proses keempat terakir adalah tahap pencarian sinyal, pada tahap ini diharapkan anda memahami mengenaiproses instalasi antara programreceiver dengan instalasi lnb.

Pada saat pemasangan baru biasanya receiver juga baru dan belum di update pada frekuensi terbaru. Sehingga ini mengharuskan anda meng update dulu program terbaru menggunakan parabola yang chanelnya telah diperbarui. Atau anda bisa mengedit satu persatu frekuensi terbaru pada satelit palapa dan telkom 4.

Jika anda menggunakan frekuensi bawaan receiver biasanya sudah terjadi perubahan pada beberapa chanel, sehingga pada proses pencarian sinyal tidak akan ketemu pada beberapa chanel.

Pada tahun ini jangan menggunakan RCTI,MNC,GTV, karena frekuensi ini sudah tidak tayang lagi. Yang bisa menjadi acuan frekuesni adalah frekuensi tran7, transtv, antv, indosiar, sctv, NET.

Baca: Frekuensi untuk tracking

Pengaturan prrogram>> instalasi antena>> atur Satelit Palapa d = dseq, lnb 1>>satelit Telkom 4 dseq  Lnb 2

Indikator pada receiver mpg2, kualitas sinyal,

Sctv-mnimal 45

Trans tv-minimal 50

Metro tv-minim 30

Dengan memiliki acuan minimal sinyal, kita tidak akan kesulitan nanti saat scan ulang. Alhasil semua chenel yang lain mengikuti acuan sinyal tersebut.

Bagaimana teknik mencari sinyal parabola??

Pertama kita harus tahu arah utara selatan barat timur. hal ini untuk mempercepat mengarahkan dish dan lnb.

Condongkan lnb 0 kearah timur. Atau lebih mudahnya sejajarkan arah lnb degan penyangga arah timur dan barat. Untuk mengetahui yang mana penyangga arah timur dan barat biasanya bekerja bisa memutar/menggerakan arah secara full. Berbeda dengan penyangaa arah utara dan selatan, bergeraknya hanya sedikit.

Saat proses pncarian sinyal usahakan baut penggerak arah dalam keadaan kendur semua. Hal ini untuk memudahkan anda dalam memutar ke segala arah.

Chanel pertama sebagi acuan adalah trans tv, untuk mencari semua jaringan transponder satelit telkom 4.

Kemudian sctv untuk mencari semua jaringan transponder polaritas horizontal pada satelit palapa.

Minimal bisa memaksimalkan Ketiga acuan tersebut biasanya yang lain sudah mengikuti saat kita men scan ulang pada receiver.

KESIMPULAN

Memasang parabola sendiri sebenarnya semua orang bisa.  Sebenarnya dalam hal pemasangan sudah dipermudah oleh pabrik pembuat. Namun dari beberapa orang menggunakan cara mereka sendiri dalam merakit semua komponen parabola. Sehingga dari sini sering timbul kegagalan dalam menginstalasi parabola.

Sebagai salah satu Contoh, saya pernah mendapat orderan servis parabola dengan keluhan gagal dalam memasang parabola. Tidak ketemu sinyal satupun. Di sini saya mendapatkan beberapa fakta mengenai kesalahan dalam pemasangan parabola.  Diantaranya;
  • Pemasangan pada lnb ternyata pada angka 0 tidak lurus
  • Jarak antar kedua lnb terlalu renggang
  • Pemasangan dseq berantakan, di install pada dseg 1 dan 4 sehingga tidak akan ketemu.
Kebanyakan bahkan seperti itu. Tidak satu dua kali dalam menemui kesalahan seperti ini. Minimnya pengetahuan menjadi faktor kegagalan. Beruntunglah anda yang menemukan artikel ini dapat mengetahui bagaimana memasang parabola yang baik.

Nah Semoga dengan artikel ini dapat membantu rekan semua yang sedang praktek memasang antena parabola. Semoga sukses dan lancer tidak ada hambatan apapun. Amin,

By: tuserparabola.com