Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Loading pada Penggunaan Divider

Penggunaan divider dinilai sangat menguntungkan untuk menghemat anggaran ketika ingin menggunakan satu parabola untuk beberapa receiver. Namun memiliki kelemahan yaitu ketika pemasanganya asal, akan terjadi masalah ketika kedua receiver dalam satu chanel, maka salah satu receiver akan hilang sinyal.

 Hal ini sering terjadi pada polaritas vertikal. Misalnya salah satu recever sedang menggunakan rcti kemudian yang satunya juga ingin menggunakan rcti pula maka akan ada keterangan tidak ada sinyal, setelah beberapa saat baru mucul sinyal.

Lantas bagimana untuk mengatasi ini.?

Sebenarnya ada cara paling aman ialah dengan menggunakan LNB 2 r, namun cara ini sedikit mengeluarkan biaya tambahan lebih banyak, jika menggunakan dividr hanya 20k sedangkan lnb 2r seharga 100k untuk per 1 buah. 

Beberapa teknisi untuk mengakali ini, ialah dengan menggunakan divider dan juga menggunakan lnb 2r.

lnb 2r digunakan untuk mensiasati satelit palapa sedangkan divider digunakan untuk menghandle satelit telkom4 karena hanya memiliki satu polaritas yaitu horizontal saja.

Ada cara lain lagi untuk mengatasi loading pada penggunaan divider yaitu dengan menggunakan sistem instalasi 4 output dseq. bagaimana untuk memaksimalakan divider dengan penghematan biaya namun tetap memiliki resiko dibandingkan menggunakan lnb 2r.

Berikut sistem perakitan pada penggunaan divider
Cara Mengatasi Loading pada Penggunaan Divider
penggunaan divider pada parabola 2 receiver

receiver 1 , LNB1/palapa dseg out 1
receiver 2, LNB1/palapa out dseg 3

receiver 1, LNB2 out dseg 2
receiver 2, LNB 2out dseg 4

Program ini juga harus diterapkan pada masing masing receiver pada pengaturan antena,

Misalkan pada receiver 1 instalasi palapa dseq1 dan telkom dseq 2

Receiver 2 pada pengaturan palapa di tempatkan pada dseq 3 sedangkan telkom ditempatkan pada dseq 4,

Dengan sekema ini tidak akan terjadi sinyal saling tarik menarik antar receiver.

 Mungkin saya pernah mencoba divider digunakan untuk menghandel satelit palapa namun yang terjadi ini juga akan mengalami sinyal tarik menarik.

Loading dan salalu hilang sinyal pada salah satu receiver ketika keduanya berada di satu chanel yang sama akan terjadi jika instalasi tidak seperti gambar diatas.

Atau mungkin rekan semunya memiliki pengalaman masalah sinyal tarik m enarik mengenai penggunaan divider ini? silahkan berbbagi pengalaman di kolom komentar. 

Semoga bermanfaat!!!