Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Telkom 4 tidak ada di Reciver ?

telkom 4 2020

TUSERPARABOLA.com - Hal ini akan selalu menjadi pertanyaan bagi sebagian orang yang menggunakan receiver model lama yaitu pada program pengaturan satelit tidak ada satelit Telkom 4.

Sebenarnya itu hanya tulisan, poin utamanya adalah letak LNB, misalnya di program tertulis telkom 3s atau telkom 1 maka itu tidak mempengaruhi program pada receiver.Ketika ingin scan otomatis, maka yang digunakan adalah tulisan tersebut. 

Poin utama pada menu pengaturan antena adalah letak dseq. Perhatikan letak dseq. Umumnya settingan dasar telkom di receiver akan diletakkan pada settingan DCEQ 2/ LNB02. Hal ini tergantung pemasangan pertama kali. Ada kemungkinan telkom berada di dseq 2 atau 4. jadi ketika di dseq 02 tidak nyantol chanel apapun ketika di scan maka harus dirubah letak dseq. dan coba ulangi lagi di dseq yang lain.

Namun sebelum mengubah pengaturan dseq/LNB, pastikan mode scan ulang berada pada mode "Pencarian Buta" atau jika di receiver mpg2 berada di mode "Bebas".  Hal ini bertujuan agar frekuensi baru dapat terdaftar di daftar transponder telkom.

Ketika anda mencoba merubah dseq kemudian pada saat discan otomatis malah muncul chanel yang berada di satelit palapa, berarti itu adalah letak dseq Palapa D. coba posisikan di letak yang lain.

Pengaturan dasar 2 LNB

PALAPA:      LNB1
TELKOM4:  LNB 2

Satelit telkom 4 tidak ada sinyal

Jika sudah mencoba menggunakan teknik merubah letak dseq namun tetap tidak ada chanel telkom 4 nyantol maka bisa jadi karena kerusakan yang disebabkan oleh kerusakan antena parabola.

bisa juga karena dulu belum tracking ke telkom 4 dan masih menggunakan telkom 3s. maka dari itu harus tracking Telkom 4 terlebih dahulu.

Lanjut baca: Panduan mencari Satelit Telkom 4

Bagaiman jika menggunakan sistem pengaturan defult value/ kembalikan setelan pabrik?

Kembali lagi ke pengaturan pabrik kadang menjadi jalan alternatif ketika anda juga terlalu jauh mengotak atik pengaturan progrm dan tidak mengetahui pengaturan awal. Harap berahati-hati ketika ingin menggunakan metode ini, karena dari segi pengturan teknisi terkadang berbeda dengan pengaturan pabrik. sehingga kadang ini tidak akan menyelesaikan masalah, malah menambah masalah. Lebih baik mengingat program awal bagaiamana.

Itulah jawaban bagi yang sedang bingung di dalam program receiver tidak ada program telkom 4. Agar bisa merubah nama telkom menjadi telkom 4 maka bisa dirubah melalui pengaturan receiver atau update softwere terbaru yang sudah menggunakan satelit telkom 4.