Cara Memperbaiki Parabola Hilang Sinyal dengan 7 Macam Kerusakan Berbeda

Pada jenis parabola c band maupun ku band akan mengalami kerusakan hilang sinyal. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk mengetahui penyebab dan kerusakan yang terjadi untuk dapat memperbaiki kerusakan parabola. Ada banyak faktor dan penyebab, anda harus memahami bagaimana sistem parabola bekerja, komponen apa yang digunakan dan memahami program pada receiver. Dengan begitu anda akan dapat memperbaiki kerusakan parabola sinyal hilang.
Baca dulu: komponen parabola dan fungsinya Cuaca alam adalah Faktor yang paling sering mempengaruhi kinerja parabola. Karena bagaimanapun parabola memang bekerja di luar ruangan, sehingga komponen parabola sangat sering terjadi kerusakan yang disebabkan oleh hujan, panas dan angin. Sehingga lambat-laun komponen akan mengalami penurunan kualitas, misalnya; kabel rapuh, lnb kemasukan air hujan dll. Atau yang sering terjadi yaitu parabola tertiup angin. Jika tertiup angin saja, mungkin penanganan akan sangat mudah, terkadang hanya menggeser sedikit saja si…

Sinyal Parabola Naik Turun

Tuserparabola.com - Ada macam-macam kerusakan parabola terutama ketika menemui kerusakan sinyal naik turun. Jika hanya naik turun sebenarnya pada parabola c band maupun ku band itu hal yang wajar karena tidak ada sinyal atau receiver yang memberikan sinyal secara setabil 100%. Tapi mungkin yang anda maksud naik turun itu mengakibatkan gambar hilang dan macet-macet maka ini yang menjadi masalah.

Sinyal parabola naik turun

Sebenarnya ini hanya berbeda bahasa dari parabola yang memilki masalah hilang timbul hanya saja pada kolom pencarian mungkin orang mengetikkan kata yang berbeda dengan kata kunci sinyal parabola naik turun.

Jika harus membahas sekali lagi tidak mengapa karena ada beberapa hal tambahan yang mungkin saya alami baru baru ini mengenai sinyal tidak setabil.

Berikut merupakan pengalaman yang saya dapatkan ketika menemui sinyal naik turun:

1. Dish rusak 

Jika anda menemui sebuah payung jaring parabola yang terlihat bergelombang, robek ini bisa memicu sinyal tidak setabil dan sulit untuk mendapatkan sinyal dari satelit terutama beberapa frekuensi yang memiliki sensitifitas tinggi terhadap penerimaan dish. Baut yang sudah berkarat dan sulit untuk dikunci juga bisa dikategorikan pada kerusakan dish, jika anda menemui dish yang tidak dapat dikancing secara erat maka ini bisa memicu kerusakan sinyal naik turun.

2. Kesalahan peletakan dseq 

Yang dimaksud dengan peletakan dseg adalah Antara instalasi dan program receiver. Jika melihat secara fisik di badan switch terdepat tulisan LNB 1 LNB2 LNB3 LNB4,  dan di receiver juga ada menu LNB dengan dseq1 dseq2 dseq3 dseq4  ini seharusnya diselaraskan. Misalakan meletakan telkom 4 pada lnb 2 maka di receiver juga harus di program dseq2.  Jika tidak singkron maka biasanya akan timbul masalah sinyal naik turun dengan gambar hilang timbul. misalkan kita tracking telkom 4 namun ternyata yang di monitor masih dalam keadaan di dseq 1 maka ketika di tracking haya akan timbul sinyal sebentar kemudian hilang lagi.

3. Konektor 

Masalah ini sepele namun mengakibatrkan sinyal naik turun. Ketikan memasang parabola baru koneketor lnb harusnya di isolasi agar lebih kuat saat di tracking dan ini akan menambah resistens terhadap air namun dengan isolasi yang berkualitas.  Kemudian ketika menemui sinyal naik turun cek pada bagian konektor di receiver. Ada beberapa orang menyepelekan dalam memasang konektor yang ada di receiver. ternyata ground tidak menyambung dengan konektor sehingga sinyal kadang hilang.

Jika anda pengguna parabola lama bisa cek pada bagian lnb, biasanya ada kerapuhan pada kabel di bagian konektor ini biasanya terjadi jika ternyata lnb tidak terlindungi oleh penutup lnb atau sejenisnya, sehingga air mudah masuk ke dalam konektor kabel lnb. Lambat laun hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada konektor kabel yang notabene terbuat dari tembaga tidak tahan terhadap karat.

4. Tiang parabola 

Jangan menyepelekan tiang parabola. Ada beberapa orang memilih untuk memasang parabola c band di bawah menggunakan tiang sadanya, sehingaa dalam keadaan mudah goyang. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesetabilan sinyal. Jika anda mendapati hal yang demikian lebih baik segera perbaiki jika terganggu dengan dinal yang naik turun. Jika mungkin pasang tiang dengan stabil mungkin tapa goyang ketika terkena angin.

Demikian semoga bermanfaat!!