Cara Memperbaiki Parabola Hilang Sinyal dengan 7 Macam Kerusakan Berbeda

Pada jenis parabola c band maupun ku band akan mengalami kerusakan hilang sinyal. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk mengetahui penyebab dan kerusakan yang terjadi untuk dapat memperbaiki kerusakan parabola. Ada banyak faktor dan penyebab, anda harus memahami bagaimana sistem parabola bekerja, komponen apa yang digunakan dan memahami program pada receiver. Dengan begitu anda akan dapat memperbaiki kerusakan parabola sinyal hilang.
Baca dulu: komponen parabola dan fungsinya Cuaca alam adalah Faktor yang paling sering mempengaruhi kinerja parabola. Karena bagaimanapun parabola memang bekerja di luar ruangan, sehingga komponen parabola sangat sering terjadi kerusakan yang disebabkan oleh hujan, panas dan angin. Sehingga lambat-laun komponen akan mengalami penurunan kualitas, misalnya; kabel rapuh, lnb kemasukan air hujan dll. Atau yang sering terjadi yaitu parabola tertiup angin. Jika tertiup angin saja, mungkin penanganan akan sangat mudah, terkadang hanya menggeser sedikit saja si…

Upgrade Alat untuk Mencari Sinyal Parabola

Tuser Parabola - Kali ini saya akan menulis tentang upgrade alat servis parabola untuk membantu memonitor sinyal ketika tracking. Pada topik sebelumnya saya menggunakan receiver saja sebagai alat untuk monitor sinyal. Namun semakin banyak orderan ternyata kurang efektif secara waktu terutama pada saat tracking memperbaiki parabola. Mungkin untuk pasang parabola baru masih bisa mengndalkan receiver, namun untuk memperbaiki tidak demikian.

Hambatan yang sering saya alami ketika hanya menggunakan receiver saja sebagai monitor sinyal memperbaiki parabola adalah kendala program. Kita tidak akan pernah tahu bagaimana program awal pada saat parabola pemasangan baru atau pernah diservis oleh teknisi lain.

Misalkan  pernah diservis kemudian menginstalasi switch diletakkan pada dseq 3 dan 4 sedangkan receiver yang kita miliki menggunakan program peletakan dseq 1 dan 2 maka dengan terpakasa harus mencari asal muasal instalasi. untuk memorogram harus turun dari atap kemudian ternyata programa masih salah kemudian harus turun lagi. hal ini sering saya alami.

Kemudian baru kepikiran untuk membuat alat monitor sinyal yang bisa sekalian mengtahui program yang lebih cepat yaitu dengan menggunakan tv mini. Dengan menggunakan tv mini, Akan sangat membantu ketika mengahdapi permasalahan program dan respon sinyal yang lebih baik.

Selain dari masalah program, saya juga memilki kendala lain yaitu masalah receiver yang saya gunakan. Menggunakan receiver mpg 2 lg sat. Receiver lg sat memilki respon sinyal yang sangt tidak tepat. kadang ketika di receiver lg sat 40 % ternyata di receiver lain ada di 30 % sehingga gambar masih macet-macet.

Dulu saya mengandalkan receiver matrix burger untuk tracking karena respon sinyalnya sangat baik. namun karena seringnya digunakan receiver tersebut sampai hancur. Kemudian saya menggunakan lg sat karena dengan receiver seadanya.

Saya pikir akan menggunakan receiver tanaka untuk kedepanya, karena receiver tersebut telah kompertible dengan dua jenis sistem penerimaan yaitu c band dan ku band. Terlebih receiver tanaka hd memilki respon sinyal yang cukup baik ketika digunakan untuk tracking.

Menggunakan receiver mpg 2 untuk tracking kadang tidak efektif untuk beberapa chanel yang sudah menggunakan hd. sehingga perlu di update agar lebih efektif ketika pointing di beberapa chanel HD.

alat untuk servis parabola

Ada satu rekomendasi satfinder sebagai acuan mencari sinyal, namun ternyata haraganya sangat mahal sekitar satu jutaan. saya rasa jika memang orderan semakin banyak ini bukan masalah untuk investasi alat. Namun kepikiran lagi bahwa produk elektronik memiliki resiko untuk rusak, dengan harga yang segitu mahalnya merasa rugi karena ada alternatif yang lebih murah yaitu membuat alat bantu servis prabola berupa monitor mini yang harganya sekitar 200k. dengan digabung dengan receiver tanaka mpg4. ini bisa efektif untuk mengatasi proble dilapangan terutama untuk maslaah program dan bebrapa pengaturan lainnya.

TV  mini saat ini sudah tersedia dengan harga yang relatif terjangkau. ada jenis tv mini yang sebenarnya merupakan untuk monitor mobil namun bisa diaplikasikan untuk monitor traking parabola karena mengugnakan sistem av tanpa konverter lagi; Terlebih untuk voltase yang digunakan hnaya mengugnakan adaptor 12 volt. harganya sekitar 200k. bisa cari di tokopedia,bukalapak, dan shopee.

Poin yang ingin saya sampaikan pada artikel kali ini adalah pentingnya menggunakan tv mini dan juga receiver mp4 untuk lebih efisien dalam tracking parabola terutama bagi pemula yang akan terjun langusng sebagai tuser parabola.

Demikian berbagi pengalaman untuk alat tracking sinyal parabola. Semoga bermanfaat!!!