Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Sinyal Parabola Palapa dan Telkom 4

Mencari sinyal parabola satelit palapa dan telkom 4 di tahun 2020 masih sama seperti saat menggunakan telkom 1 yaitu posisi lnb telkom berada di timur dan palapa di sebelah barat. Itu artinya jika anda dulu tidak menggunakan telkom3s anda tidak perlu merubah posisi dish. 

Menggabungkan palapa dan Telkom 4 perlu pemahaman untuk tahun 2020 bahwa sebenarnya anda akan mendapatkan beberapa chanel yang ada di palapa sudah pindah ke telkom 4. Jadi ketika anda ingin menggabungkan kedua satelit tersebut masih bisa namun kemungkinan beberapa tahun kedepan satelit palapa akan mati. Jadi meskipun saat ini hanya menggunakan satu LNB pun bisa menikmati semua siaran tv nasional FTA melalui satelit Telkom 4. 

Jadi kesimpulannya bagi pemasangan baru tidak perlu menggabungkan palapa dan telkom 4 karena palapa d akan segera mati. Namun bagi pengguna lama mencari satelit palapa dan telkom 4 masih bisa dan caranya sama saja. 

Baca juga: Panduan cara mencari satelit telkom 4

Bagi anda yang masih ingin menggabungkan kedua satelit tersebut berikut langkah langkahnya. 

 Cara Mencari Sinyal Parabola Palapa dan Telkom 4

1. Jarak LNB 

cara menggabungkan satelit palapa d dan telkom 4

Jarak LNB bisa dikira-kita sekitae 3-4 cm. Perakitan lnb harus sejajar pada titik 0 yang tertulis di bagian body LNB. Apabila tidak lurus pada titik 0 anda akan kesulitan saat tracking menggabungkan palapa dan telkom 4. Lanjut baca; berapa jarak lnb palapa telkom 4?

2. Instalasi LNB 

cara mencari satelit palapa dan telkom 4

Agar lebih mudah dalam menginstalasi konektor pastikan out switch 1. untuk palapa atau sebelah barat. sedangkan telkom 4 switch out 2. Hal ini nantinya harus disamakan dengan program instalasi antena di receiver. Yaitu LNB 1 palapa, LNB 2 Telkom . 

3. Gunakan frekuensi terbaru 

Ini harus update jika anda mesih menggunakan frekuensi lama. Caranya yaitu dengan mengupdate secara manual. Jika masih menggunakan frekuensi lama anda tidak akan berhasil karena beberapa stasiun tv telah berganti frekuensi. Atau lebih mudahnya bisa pinjam parabola yang normal untuk memprogram receiver yang akan digunakan untuk tracking. 

4. Balance 

Menggabungkan antara palapa dan telkom 4 harus seimbang. Misalnya anda sedang lock sinyal trans7 maka harus mengimbangi sinyal yang ada di satelit palapa. Jika sinyal saling tarik menarik bisa jadi karena kesalahan dalam instalasi LNB. Misalnya saja parabola yang anda gunakan ternyata menggunakan 22k itu artinya anda harus mengaktifkan 22k on pada satelit telkom 4 dan palapa d 22k dalam keadaan off di program instalasi antena. 

Baca juga: panduan lengkap memasang antena parabola c band

Pemasangan parabola c band baru selalu menggabungkan satelit palapa dan telkom4. Hal ini bisa menjadi keuntungan misalnya untuk menurunkan harga parabola atau bisa juga dimanfaatkan untuk lebih memaksimalkan keuntungan. Karena nilai satu lnb c band lumayan. 

Namun jika dikumudian hari palapa sudah ada penggantinya bagi pengguna satu lnb harus menambahkan lagi satu LNB tentu ini akan menjadi projek lagi bagi teknisi. heehe.

 demikian mengenai Cara Mencari Sinyal Parabola Palapa dan Telkom 4 semoga bermanfaat!!!

www.tuserparabola.com