Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertanyaan Seputar Parabola, LNB, Receiver dan Dish

Pertanyaan Seputar Parabola, LNB, Receiver dan Dish

 TUSER PARABOLA 2023 - Pengguna parabola C-band sekarang ini diuntungkan karena hanya menggunakan satu LNB. Dari beberapa orang tidak mengerti bahwa Parabola yang mereka pasang sebenarnya hanya menggunakan satu LNB saja. 

Seorang konsumen bertanya kepada saya, ada seorang teknisi lebih memilih untuk mengambil lnb diantara ada dua lnb. Kenapa meski diambil ? 

Ya sebenarnya tidak perlu diambil juga, biarkan terpasang diatas parabola siapa tahu di tahun yang akan datang posisi yang dihuni palapa D ada penggantinya. Terlebih saat diambil dan disimpan terkadang malah hilang. Kelebihan lnb diambil bertujuan bisa mengamankan LNB dari panas dan hujan. 

Tapi sayang sekali beberapa teknisi bisa mengakali tanpa ada pemberitahuan. Beberapa oknum ini mengambil LNB dan tidak bilang kepada pemiliknya. Nah ini yang salah . Mungkin konsumen akan kesal suatu saat ketika tahu sebenarnya parabola hanya menggunakan satu LNB.

Jika pertanyaannya adalah kok LNB saya diambil satu kenapa ya? 

Iya pak sekarang ini Parabola C-band untuk menikmati siaran tv nasional hanya menggunakan satu satelit saja, tidak seperti dulu harus menggunakan dua satelit palapa dan telkom4. Satelit palapaD dijadwalkan akan mati pada Tahun depan. "Meskipun tidak tahu sampai kapan". Jadi meskipun parabola Bapak hanya menggunakan satu lnb tidak mempengaruhi sinyal parabola. 

Lah kenapa kok yang tampil hanya trans7 transtv dan antv saja? 

Itu masalahnya sekarang berubah kebijakan lagi tentang persatelitan parabola. Dimana beberapa stasiun tv memiliki kerja sama dengan provider TV berlangganan. "Jadi jika bapak masih menggunakan Receiver MPEG 2 ya hanya bisa menonton Trans Media saja pak!"

Berarti harus berlangganan ke tv berlangganan? 

Iya memang begitu jika ingin menikmati semua siara tv nasional. Untuk lebih jalanya anda bisa membaca pertanyaan seputar receiver parabola. Anda tidak meski berlangganan karena beebrapa receiver akan menggratiskan semua siaran tv nasional termasuk MNCTV, RCTI dan GTV

Pak saya ingin memasang parabola, Rekomendasikan parabola besar atau kecil? 

Sebenarnya ini masalah selera. Selain selera juga pada lokasi. Ada beberapa lokasi yang tidak dapat dipasang parabola jaring besar mau tidak mau harus memasang parabola mini. Beberapa wilayah juga sekarang ini parabola jaring sudah jarang yang jual. 

Kelebihan parabola mini lebih murah dan lebih simple dalam pemasangan dan penempatan. Meskipun tidak tahan cuaca. Beberapa orang akan mengatakan itu mitos soal sinyal parabola mini tidak tahan cuaca( mendung hujan). Tapi sebagian memang mengalami ketika hujan akan mengalami minim sinyal. Tentu ini juga tergantung lebar dish parabola yang digunakan.

 Parabola C-band menggunakan jaring besar pun, sering mengalami sinyal tersendat-sendat jika pemasangan dilock pada sinyal minim semuanya. 

Pilihan terbaik sekaligus rekomendasi sesuaikan dana dan ketersedian lokasi penempatan parabola.