Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Satelit Telkom 4 Satu LNB Tahun 2021 Pada Parabola C-BAND

Cara Mencari Satelit Telkom 4 Satu LNB Tahun 2021 Pada Parabola C-BAND

Kali ini saya akan menulis tentang cara mencari satelit Telkom 4 tahun 2021 bisa menggunakan 1 LNB bisa menangkap seluruh siaran TV Nasional. 

Pengguna lama yang masih menggunakan 2 LNB sebenarnya sama. Hanya berbeda pada bagian Pengaturan antena. atau anda bisa membaca Upadate cara mencari satelit Telkom 4 2021 yang telah ditulis sebelumnya.

Bagi anda yang sedang mencari satelit Telkom 4 tidak ada sinyal juga relevan dengan topik yang akan saya tuliskan. Artikel ini bisa saja relevan dengan kata kunci cara mencari Trans7, Trans tv ANTV yang hilang. 

Semoga artikel ini dapat membantu mencari satelit Telkom 4 sebagai referensi ketika anda menemukan kendala dalam mencari sinyal satelit Telkom 4. 

Sebelum menginjak pada langkah memperbaiki maupun tracking parabola barum, anda harus paham bahwa tutorial mencari satelit Telkom 4 ini hanya berlaku pada parabola yang menggunakan jenis C-BAND.  

Tentu jika anda salah paham tutorial ini hanya sia-sia. 

Cara Mencari Satelit Telkom 4 Satu LNB Tahun 2021

1. Menambahkan satelit Telkom 4

Bagi pengguna receiver lama mungkin satelit Telkom 4 tidak ada di daftar satelit. Oleh karena itu anda jangan bingung karena anda bisa menggunakan nama satelit menggunakan satelit TELKOM 1 maupun Telkom 3s. 

Tapi receiver MPEG 4 sangat sulit untuk menambahkan Frekuensi baru jika parabola tidak ada sinyal. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan opsi lain misalnya update firmware receiver maupun meminjam parabola tetangga untuk update frekuensi terbaru.  

Selain, itu anda juga pinjam receiver nya Tetangga. Syaratnya hanyalah receiver normal dan sudah diupdate dengan frekuensi terbaru dari Telkom 4. Meminjam receiver adalah cara termudah untuk mencari sinyal Satelit Telkom 4. 

Bagi pengguna receiver baru biasanya sudah tersedia firmware terbaru sehingga Telkom 4 sudah bisa digunakan untuk mencari sinyal. Yang perlu di perhatikan, bahwa memastikan bahwa frekuensi yang digunakan masih relevan dengan saat ini yaitu Trans TV, Trans7, ANTV dan RTV. 

Frekuensi beberapa stasiun tv di parabola telah berganti beberapa kali. Jadi untuk memastikan anda bisa membuka Daftar frekuensi terbaru Telkom 4. 

2. Pengaturan Antena 

Setiap receiver memiliki pengaturan antena yang berbeda. Tapi hal mendasar yang perlu dipahami saat akan mencari satelit Telkom 4 ialah pada bagian dseq.

Bagi pengguna lama yang masih menggunakan 2 LNB Anda bisa menggunakan 1 lnb saja untuk bisa menangkap siaran tv Nasional Indonesia. 

Jadi anda bisa memanfaatkan salah satu dari dua LNB untuk menangkap satelit Telkom 4. 

Akan lebih mudah apabila Switch dan LNB tidak digunakan. Kemudian menghubungkan konektor dari receiver langsung ke LNB tanpa melalui Switch. 

Ketika anda menggunakan satu lnb, bisa langsung melakukan tracking. Pada menu pengaturan antena, bagian dseq 0.1 bisa di mode off. Karena kita tidak menggunakan switch/dseq untuk satu lnb saja. 

Pegang pondasi dasar tersebut dalam mencari Satelit Telkom 4 dijamin pasti berhasil. Langkah selanjutnya kita pada tahap langkah tracking dengan pengetahuan dasar. 

1. Arah Parabola Telkom 4 

Anda harus mengetahui arah parabola untuk mencari sinyal satelit Telkom 4 dan satelit lainnya. Anda bisa melihat pada body lnb pada bagian atas ada parameter angka. 

Cara Mencari Satelit Telkom 4
tuserparabola.com - arah LNB C-band

Ketika anda menemukan angka "0" itu pastikan menghadap timur maupun ke barat. Maka dari itu, pastikan bahwa angka 0 tersebut sejajar dengan penyangga dish parabola yang mengarahkan ke timur dan barat. 

Arah satelit Telkom 4 bisanya memiliki kecenderungan kemiringan arah timur untuk frekuensi horizontal dan utara untuk frekuensi Vertikal. Itu artinya anda harus mengarahkan parabola ke arah sedikit miring ke timur dan miring ke utara.

2. Frekuensi Untuk Monitor Sinyal Satelit Telkom 4 

Mungkin bagi saya mencari sinyal satelit masih setia untuk menggunakan receiver MPEG 2 karena mudah digunakan dan tanpa tv pun bisa. Sedangkan menggunakan receiver MPEG4  dan receiver Pay tv sangat sulit apabila tanpa monitor tv. 

Bagi Anda yang menggunakan receiver Jenis MPEG4/HD berbagai merk anda harus menggunakan tv secara langsung. Mungkin jika di receiver MPEG2 bisa memonitor persentase kualitas sinyal sedangkan receiver mpeg 4 tidak bisa. Itulah mengapa harus memonitor sinyal menggunakan tv secara langsung. 

Saran saya, jika masih memiliki receiver MPEG2 mungkin akan lebih mudah asalkan sudah memiliki update frekuensi terbaru dari daftar transponder Telkom 4. 

Frekuensi apa yang digunakan untuk monitoring kualitas sinyal? 

Sistem satelit memiliki dua polaritas untuk menyiarkan tv yaitu vertikal dan horizontal. Oleh karena itu, kita meski menggunakan dua  frekuensi dari masing masing polaritas untuk menentukan kualitas sinyal sehingga seluruh siaran tv nasional bisa tertangkap dengan baik. 

1. Polaritas horizontal 

Untuk monitor sinyal polaritas Horizontal anda bisa menggunakan frekuensi TRANS7, TRANS TV dan ANTV

2. Polaritas Vertikal 

Sedangkan vertikal anda bisa menggunakan frekuensi RTV Terbaru.  Polaritas vertikal sangat penting jika anda menggunakan K-vision dan juga NEX Parabola. Karena hampir seluruh siaran resmi dari kedua PAY TV  tersebut berada di Polaritas Vertikal Melalui satelit NEX Telkom. 

Langkah tracking Sinyal Telkom 4 

Arah parabola mencari sinyal satelit telkom 4
Arah parabola mencari sinyal satelit Telkom 4

Setelah melakukan langkah-langkah persiapan sekarang waktunya tracking. 

Langkah pertama gunakan frekuensi Trans7 untuk mencari sinyal. 

Setelah ketemu cek chanel lain apakah sudah maksimal atau belum. 

setelah di pastikan stabil sekarang baru menggunakan frekuensi vertikal yaitu RTV. 

Jika sinyal RTV  sudah stabil dan maksimal anda harus mengecek pada bagian frekuensi Trans7 dan ANTV agar sinyal seimbang. 

Sampai di sini mudah-mudahan anda paham dalam mencari satelit Telkom 4 apapun provider anda dan apa receiver yang digunakan. Yang penting ini adalah tutorial cara mencari satelit Telkom 4 versi C-BAND. 

Jika anda belum paham apa itu C-band, lebih mudahnya anda bisa melihat jenis DISH / payung yang digunakan. Kemudian juga dibedakan dengan LNB yang digunakan. Parabola C-band paling mudah di bedakan dengan KU-band. Jika parabola yang digunakan berbentuk Jaring ukuran besar, atau solid besar pasti C-band. 

Kesimpulan Langkah cepat mencari sinyal Telkom 4 

1. Pastikan Frekuensi Update terbaru yaitu TRANS TV, TRANS7, ANTV dan RTV.

2. Gunakan Satu LNB jauh lebih mudah tanpa SWITCH/DSEQ.

3. Memahami arah Parabola yaitu miring ke timur dan condong ke utara. 

4. Mencari perlahan.