Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catatan Memperbaiki Parabola C band satu LNB 2022

Catatan Memperbaiki Parabola C band satu LNB 2022

Tuserparabola.com
- Pasaran saya adalah parabola c band sehingga anda mungkin akan mendapatkan lebih banyak catatan saya di topik parabola c band. Saya menulis tentang apa yang saya alami jadi jika salah mungkin bisa dikoreksi. 

Kali ini saya memiliki catatan ketika menggunakan satu lnb. dimana saya mengalami kesulitan dalam menemukan sinyal parabola. Diantara sebab dan akibatnya sebagai berikut. 

Kesalahan arah parabola

Terbiasa dengan setting 2 lnb maka saya sering terpaku pada arah yang biasanya. ketika menggunakan satu lnb pada bagian tengah maka seharusnya arah dish lebih tinggi dari biasanya. atau lebih condong ke barat. 

Jika sulit menemukan Sinyal di bagian lnb 1 di bekas Palapa biasanya saya meletakkan lnb pada bagian telkom 4 atau dudukan lnb sebelah timur pada bagian samping memang diperuntukkan untuk telkom 4. Settingan ini lebih mudah karena sudah terbiasa dish lebih condong miring ke timur. 

Sebenarnya bisa menggunakan switch akan tetapi karena terkadang receiver yang saya gunakan telah menggunakan settingan dsq off. 

Maka dari itu saya perlu untuk mencopot switch yang terpasang di instalasi antena agar sinyal yang didapatkan lebih mudah. Kecuali menggunakan 4 lnb. Jika demikian saya harus menggunakan settingan 3 satelit. 

Bagaimana tentang parabola KU BAND 

Saya memiliki sedikit pengalaman tentang parabola ku band. belum pernah memasang baru tapi pernah memperbaiki parabola ku band tidak ada sinyal. 

Baca juga : cara memulai usaha jasa servis parabola

Kerusakan tidak ada sinyal sama sekali permasalahan paling sederhana, gejala kerusakan hampir sama dengan parabola c band yaitu tidak ada intensitas sinyal alias permasalahan kabel dan konektor ke lnb mengalami kerusakan akibat karat. 

Hal ini sering terjadi pada parabola ku band karena LNB tidak tertutupi dengan sempurna sehingga air hujan mudah masuk ke dalam konektor.

Jika hanya memperbaiki ku band mungkin bisa apabila arah parabola belum sepenuhnya digeser. Lain cerita ketika saya di hadapkan pada parabola baru yang harus dipasang mungkin saya harus membuka tutorial cara memasang parabola ku band.