Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seputar Usaha Jualan Antena Parabola dan Komponennya


Tuserparabola.com - Kali ini saya bercerita tentang pengalaman bekerja di toko parabola. Saya dapat bercerita memonitor setiap penjualan apa saja yang laku dan tidak. 

Saya bukan pelaku bisnis tersebut hanya saja saya memiliki pengetahuan tentang barang dan keuntungan jualan komponen parabola. Ya mungkin fakta ini bersifat subjektif dari apa yang saya lihat tentang bisnis parabola. 

Penjualan fluktuatif

Penjualan komponen dan jasa di bidang antena parabola cenderung semakin menurun jika dibanding 5 tahun sebelumnya. Dulu penjualan paket parabola sangat laris karena perpindahan masyarakat dari siaran analog yang semakin melemah di daerah masing masing sehingga membutuhkan parabola. 

Seiring waktu ternyata penjualan dish parabola semakin menurun kemungkinan karena semua orang sudah memiliki parabola terutama yang sulit menerima siaran rf. 

Fluktuatif bisa jadi penjualan dipengaruhi oleh kebijakan penyiaran entah itu dari lembaga dan juga dari pihak stasiun televisi. 

Keuntungan penjualan 

Keuntungan penjualan satu paket parabola kadang hanya bisa untuk membayar teknisi yang menginstall parabola. Sebagai penjual kita hanya mengambil sedikit keuntungan dari komponen yang kita jual. Mungkin lebih untung apabila kita menginstall sendiri sehingga uang dari satu paket parabola bisa kita akumulasikan dari penjualan komponen dan pemasangan. 

Risiko Stok Receiver 

Mungkin bagi pedagang receiver mengalami stok barang tidak laku ketika kebijakan berubah menjadi siaran berbayar. Terlebih beberapa stasiun tv telah berpindah dari MPEG2 ke MPEG 4 yang mengakibatkan receiver lama tidak bisa menangkap siaran tv format HD. 

Penjualan komponen juga menurun 

Terutama untuk switch dan lnb mengalami penurunan karena saat ini bisa hanya menggunakan satu lnb untuk menerima siaran tv nasional melalui TELKOM 4.  sehingga ketika switch mati itu tidak menjadi masalah bisa dipasang ke lnb secara langsung. Kemudian jika LNB mati masih bisa digunakan yang satunya yang tidak terpakai. Bisa dibilang saat ini setiap pengguna masih memiliki LNB cadangan. 

Yang lebih untuk sebenarnya malahan teknisi parabola itu sendiri karena mereka menjual jasa yang tidak terlalu menanggung risiko terhadap perubahan harga komponen. Hanya saja kadang jika tidak memiliki strategi yang baik dalam menjual jasanya tidak akan laku. Misalnya kurangnya promosi dan mencari job di media sosial. 

Baca juga: Komponen parabola dan fungsinya

Anda tinggal memilih untuk menjual jasa atau menjual barang. 

Jika keduanya dijalankan akan lebih baik misalnya anda memiliki langganan toko parabola sehingga anda bisa lebih bisa mengambil keuntungan dari penjualan komponen dan juga jasa. 

Demikian semoga bermanfaat!!!