Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memperbaiki Receiver DVB tidak Bisa Start /standby

hanya lampu Led indikator yang menyala)
RECEIVER STANDBY
Sering mendapat kerusakan receiver parabola (DVB) dengan kerusakan receiver tidak mau start atau standby. (hanya lampu Led indikator yang menyala). Ini biasanya sering terjadi pada receiver merek matrix, hansen, venus.

Dari beberapa barbaikan yang pernah saya lakukan bahwa tidak semua receiver bisa ditangani dengan mulus. Karena gejala sama belum tentu kerusakan sama.

Terutama receiver merek venus dengan gejala lampu tersebut sering sulit diperbaiki disebabkan oleh blog mpg sudah rusak. Entah softwere nya maupun hardwere nya.

Tapi terkadang juga dapt diperbaiki jika blog power suplaynya yang bermasalah. Salah satu penyebab receiver tidak mau start disebabkan oleh melemahnya tegangan pada salah satu output. Dan yang sering terjadi kerusakan ialah pada bagian output 3,3 volt. Yangmana kerusakan didominasi oleh berkurangnya nulai elektrolit condensator yang memfilter tegangan 3,3 v tersebut. Jika masalahnya hanya di power suplay maka mudah saja. Namun jika sudah menginjak pada mpg maka akan sulit, bahkan tidak dapat diperbaiki dengan hanya mengoprek saja.

Selain venus, receiver matrix juga mengalami kerusakan yang sama. Namun kebanyakan yang terjaadi pada receiver mpg 2 .dengan gejala lampu indikator berkedip kedip

Dengan gejala seperti itu terkadang receiver dapat start apabila sudah panas. Kerusakan ini disebabkan oleh ac matic bermasalah pada blog skunder yaitu tejadi pada elco maupun caapasitor .sehingga tegangan menjadi tidak bisa stabil pada saat receiver pertama kali dihidupkan.

Standby tidak bisa start meski sudah diganti dengan acmatic baru sekalipun. Hal ini pernah saya alami dan belum menemukan solusi dan kerusakan apa yang terjadi. Namu prediksi saya adalah ini terjadi pada blog mpg yang bermasalah. Menyebabkaan receiver tidak mau start.

Nemang receiver sangat mudah diperbaiki dibandingkan tv. Karena harga receiver cenderung lebih murah. Apabila receiver. Tidak dapat diperbaiki maka membeli baru merupakan harga yang cukuplah murah.

Upah memperbaiki receiver pun tak seberapa. Namun jika kita sudah ;paham maka harga tidak menjadi masalah. Karena kemudahan dalam p pengerjaannya.

Thanks,

Receiver parabola dengan gejala sinyal lemah ganti elko filter pada supply 3,3V. Atau tidak ada sinyal maka, bisanya dengan memanaskan ic yang dekat dengan soket kabel ke parabola ini salah satu pengalaman yang pernah saya lakukan dan terkadang work. Namun tidak semua.