Cara Memperbaiki Parabola Hilang Sinyal dengan 7 Macam Kerusakan Berbeda

Pada jenis parabola c band maupun ku band akan mengalami kerusakan hilang sinyal. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk mengetahui penyebab dan kerusakan yang terjadi untuk dapat memperbaiki kerusakan parabola. Ada banyak faktor dan penyebab, anda harus memahami bagaimana sistem parabola bekerja, komponen apa yang digunakan dan memahami program pada receiver. Dengan begitu anda akan dapat memperbaiki kerusakan parabola sinyal hilang.
Baca dulu: komponen parabola dan fungsinya Cuaca alam adalah Faktor yang paling sering mempengaruhi kinerja parabola. Karena bagaimanapun parabola memang bekerja di luar ruangan, sehingga komponen parabola sangat sering terjadi kerusakan yang disebabkan oleh hujan, panas dan angin. Sehingga lambat-laun komponen akan mengalami penurunan kualitas, misalnya; kabel rapuh, lnb kemasukan air hujan dll. Atau yang sering terjadi yaitu parabola tertiup angin. Jika tertiup angin saja, mungkin penanganan akan sangat mudah, terkadang hanya menggeser sedikit saja si…

Musim Kerusakan Parabola dan Kesalahan Pengguna saat Memperbaiki Sendiri

Musim Kerusakan Parabola dan kesalahan pengguna yang ingin memperbaiki sendiri

Saat musim penghujan seperti sekarang ini,  banyak sekali datang keluhan masalah parabola. Biasanya keluhan para pengguna parabola sinyal hilang semua.

Jika musim angin tiba banyak orang datang mengeluhkan parabola bermasalah, sebagian Chanel hilang dan kadang sinyal hilang semua.

Akar dari masalah ini sebenarnya sangat sederhana.

Alasan yang tepat untuk dua jenis keluhan di atas hanya bisa kita pastikan bahwa parabola memang letaknya di luar ruangan. Maka wajar saja keluhan tersebut sangat berpeluang terjadi.

Komponen pada antena parabola terbuat dari partikel mudah korosi dan juga berkarat. Misalnya pada kabel terbuat dari tembaga. Meskipun dish terbuat dari aluminium namun ternyata mountaingnya terbuat dari bahan besi mudah berkarat. Saat terkena panas dan hujan akan berkarat.

Sedangkan yang tidak berkarat kemungkinan jika terkena hujan akan mengalami short . Misalnya pada switch dan LNB. Sehingga perlu penanganan pada ahlinya jika sudah mengalami kerusakan.

Beberapa orang awam yang sering mengotak Atik parabola mungkin akan paham akan permasalahan ini. Hanya saja ketika mereka tidak tahu sistem dan instalasi antena parabola, ini akan membuat mereka kebingungan. Mereka bisa mudeng untuk mengganti komponen namun tidak faham dasarnya sehingga keberhasilan sangat kecil.

Saya sendiri pun yang memperbaiki dan memasang parabola selama 2 tahun lebih, terkadang masih dibuat bingung mencari akar permasalahan. Padahal sudah pekerjaan sehari-hari. Namun bagi anda yang sedang mempelajari sistem penerima satelit jangan khawatir. Semua bisa dipelajari. Asalkan mau memahami apa itu sistem penerimaan sinyal satelit parabola.

Pernah sekali mendapatkan seorang user parabola, katanya dulu sering memperbaiki parabolanya sendiri dengan sangat mudah . Tinggal menggeser payung sinyal akan mudah ketemu. Namun saat caranya itu tidak berhasil, dia menyerah. Nah ini sebenarnya caranya sudah benar menggeser parabola. Tapi ketika dia tidak tahu kerusakan komponen parabola, baru dia sadar bahwa parabola tidak semua sederhana itu.

Bahkan dia sudah mengganti semua LNB nya. Tapi sinyal tak kunjung ketemu. Ada apakah demikian?

Pertama. dia belum paham benar kemana dish dan LNB harus mengarah.

Kedua. Instalasi ternyata berantakan

Ketiga. Frekuensi masih menggunakan frekuensi lama.

Ke-empat. Pemasangan LNB salah .

Kelimanya. Tidak memonitor sinyal secara langsung.

Kesalahan inilah yang di alami para pengguna yang memperbaiki parabolanya sendiri. Jika anda membaca mengenai ini, mungkin anda akan segera berfikir mengenai letak kesalahan dan mulai searching di google bagaimana cara tracking parabola yang benar, agar berhasil.

Terus belajar dan jangan mudah menyerah!