Cara mengatasi TVRI Nasional tidak ada sinyal

Daftar Isi
Cara mengatasi TVRI Nasional tidak ada sinyal
Cara mengatasi TVRI Nasional tidak ada sinyal 
Mungkin anda adalah orang tua murid sekolah yang sedang mengusahakan agar anaknya dapat memperoleh siaran edukasi dari TVRI Nasional. Memang beberapa Parabola tidak dapat menangkap siaran TVRI , bukan karena faktor jenis parabola yang bermasalah namun yang menjadi permasalahan adalah ketika pemasangan pertama kali.  Beberapa orang mengabaikan chanel TVRI nasional karena memang TVRI hanya menyiarkan beberapa program yang tidak menarik bagi sebagian orang. Namun sebenarnya TVRI adalah chanel yang sangat edukatif untuk masyarakat.

Karena mungkin sekarang chanel TVRI menjadi kanal untuk media pembelajaran untuk siswa dari jenjang paud sampai SMA, maka kini TVRI NASIONAL banyak dicari oleh wali murid agar anak anaknya bisa mendapatkan edukasi dari kanal TVRI Nasional selama program belajar di rumah.

Bagi pengguna parabola c-band sangat mudah untuk mendapatkan siaran TVRI. cukup scan otomatis pada satelit palapa D. 

Apabila ketika sudah discan otomatis ternyata TVRI tidak ada, bisa jadi masalah sinyal parabola yang minim kurang sedikit saja. Seperti baru-baru ini saya sendiri melakukan pencarian TVRI di mpg2 sangat mudah namun untuk ,mpg4 harus membutuhkan sinyal yang cukup pas.

Siaran mpg2 sangat responsif mau tampil di kualitas 36-37%. Dibanding siaran frekuensi MPG 4 sangat sulit didapat jika tidak benar benar pas pada arah parabola.

Sebenarnya TVRI  memiliki banyak kanal frekuensi di parabola namun beberapa diantaranya adalah fekuensi TVRI daerah, dimana TVRI daerah tersebut terkadang ketika ada acara akan menampilkan siaran TVRI NASIONAL juga.

Mungkin jika tidak bisa setting parabola anda bisa menggantungkan pada TVRI daerah, karena banyak sekali entah itu di palapa maupun di TELKOM 4. Silahkan scan juga di TELKOM 4  di kanal TVRI kalteng menyiarkan TVRI nasional. 

Selain menggunakan parabola maupun uhf anda juga bisa mengakses live streaming melalui TVRI Live streaming

Cara mencari chanel TVRI NASIONAL  yang tidak ada sinyal 


  • Pertama massukkan transponder/frekuensi tvri terbaru 2020 di palapa 
  •  Setelah cocok dengan frekuensi terbaru tersebut, baru kemudian gunakan cahnel yang telah terupdate frekuensinya sebagai monitor. 
  • Trik sederhanaya ialah dengan cara menggoyangkan parabola keaarah timur dan barat lihatlah reaksi sinyal yang didapat, 
  • Apabila satelit palapa normal biasanya dengan gotik alias goyang sedikit akan mudah mendapatkan siaran TVRI tersebut. 
  • Akan lebih mudah jika mencari dengan transponder TVRI  mpg 2, namun tidak tertutup kemungkinan bisa juga mendapatkan siaran tvri mpg4. 
  • Jangan lupa juga monitor pada chanel palapa lainya seperti tv 0ne , indosiar dan sctv, transponder pada TVRI satu polaritas dengan chanel tersebut yaitu HORIZONTAL. 
  • Apabila digeser terlalu banyak anda juga wajib memonitor sinyal pada trans tv agar nanti saat tvri ketemu tidak kehilangan satelit telkom 4. 
  • Makanya untuk setting perlu beberapa keseimbangan antar satelit. 
Cara ini hanya untuk jenis parabola C-band bagi pengguna Ku-band silahkan cek frekuensi jenis kuband jangan menggunakan frekuensi c-band karena jelas berbeda satelit dan juga transponder pasti berbeda. 

Demikian semoga bermanfaat!!