Frekuensi RTV terbaru 2022 di TELKOM 4

Daftar Isi

Frekuensi RTV Terbaru mengalami perubahan untuk siaran digital parabola di satelit Telkom 4. 

Bagi pengguna receiver mpeg 2 sudah tidak bisa menerima siaran dari frekuensi RTV Karena sekarang RTV telah berganti ke format MPEG 4 atau HD. 

Jika anda sudah menggunakan receiver mpeg 4 bisa di update menggunakan frekuensi RTV terbaru dengan cara scan ulang secara buta, pencarian jaringan, atau bisa menggunakan menambahkan transponder RTV Terbaru 2022. 

Frekuensi RTV berubah sejak bulan januari 2022 di umumkan secara resmi oleh RTV melalui instagram Resminya 

“Sahabat RTV pengguna antena parabola, kabar gembira nih buat kalian. Mulai 22 Januari 2022, RTV akan bersiaran dengan kualitas HD (High Definition),” tulisnya yang dikutip melalui akun official Instagram resminya.

Frekuensi RTV Terbaru 2022


Frekuensi RTV terbaru 2022 di TELKOM 4
Frekuensi RTV Terbaru 2022 di TELKOM 4 

Frekuensi RTV Terbaru 2022 masih sama seperti frekuensi RTV mpeg 2 hanya saja standar kualitas gambar menggunakan formart mpeg 4 sehingga pengguna MPEG2 tidak bisa menerima siaran dari frekuensi terbaru RTV 2022.

  • Satelit: Telkom4
  • Frekuensi: 3949
  • Symbol Rate: 4333 
  • Polaritas : Vertical
  • atau sering disingkat dengan 
  • 3949/v/4333

Frekuensi RTV Terbaru di Telkom 4 merupakan penghuni polaritas vertikal. Oleh karena, itu RTV perlu menjadi acuan tersendiri saat melakukan tracking sinyal di vertikal Parabola. 

Selain frekuensi RTV yang menghuni polaritas vertikal, kita juga memiliki acuan untuk mendapatkan frekuensi NEX TELKOM atau NEX PARABOLA di Telkom 4.

Ketika anda menggunakan receiver MPEG2 saat melakukan tracking ini Frekuensi RTV ini sangat bermanfaat untuk dijadikan acuan untuk mensetarakan sinyal yang akan didapat oleh seluruh siaran NEX PARABOLA C BAND. Namun sekarang kita harus menggunakan receiver dengan format mp4 tau harus menggunakan monitor tv untuk melihat kualitas sinyal dari receiver HD

Rajawali Televisi atau disingkat RTV merupakan salah satu stasiun tv yang sangat konsisten dan jarang terjadi perubahan dibandingkan dengan frekuensi tv lain seperti SCTV, INDOSIAR, TRANS7, ANTV Dan yang lain yang sempat ganti frekuensi beberapa kali dalam beberapa tahun  terakhir. 

Frekuensi RTV bahkan tetap konsisten memegang frekuensi jika tidak terjadi perubahan ke Telkom 4 yang sebelumnya menempati satelit PALAPA D. 

  • Frekuensi      : 03950
  • Simbol Rate  : 04330
  • Polaritas       :  V
  • Video PID    : 0512
  • Audio PID    : 4112
  • PCR PID      : 051
  • SID               : 001

Jika frekuensi RTV di atas sudah dimasukkan secara manual tapi tidak bisa tayang, Kemungkinan ada kerusakan di bagian vertikal misalnya kurang kualitas sinyal dan ada kemungkinan kerusakan pada LNB parabola pada bagian modul vertikal mengalami kerusakan meskipun ini jarang sekali terjadi. 

Cara mencari RTV 

1. Pastikan frekuensi sesuai dengan frekuensi terbaru dari RTV. 

2. Langkah selanjutnya yaitu tracking mencari sinyal menggunakan frekuensi terbaru tersebut. 

3. Anda geser pada bagian baut yang mengarah ke utara dan selatan, jika tidak merubah keadaan sinyal anda gunakan pada baut yang mengarahkan ke timur dan barat. 

3. Tracking sinyal Vertikal harus bisa menyeimbangkan antara Polaritas Vertikal Dan Horizontal agar semua chanel dapat tayang. Mayoritas yang tayang di Telkom 4 selain NEX parabola, menggunakan polaritas Horizontal sehingga bagi anda yang masih menggunakan receiver MPEG 4 bukan NEX parabola atau k vision, bisa menangkap siaran seperti TRANS7 TRANS TV DAN ANTV yang berada di polaritas H. 

Sebenarnya di parabola Normal akan dengan mudah mendapatkan Frekuensi RTV hanya menggunakan Scan ulang otomatis menggunakan scan buta/ acak. 

Tapi ada beberapa receiver yang tidak dapat menerima frekuensi baru hanya menggunakan sistem scan. Anda bisa menambahkan frekuensi RTV melalui tambah TP/transponder melalui pengaturan instalasi antena, tergantung pada merk receiver yang anda gunakan.

Baca juga: Panduan Cara mencari satelit Telkom 4 2022

Sinyal vertikal sangat melimpah untuk parabola C band atau jaring. Cukup mudah di dapat jika anda benar dalam memasukkan frekuensi vertikal terbaru seperti RTV dan tau arah parabola. 

Demikian tentang frekuensi terbaru RTV Terbaru di TELKOM 4 2022. mengenai cara memasukkan secara manual cukup luas karena merk receiver memiliki cara yang berbeda. Mungkin frekuensi terbaru rtv tersebut bisa anda cocokkan sebagai acuan apakah benar atau tidak frekuensi tersebut. Jika frekuensi di receiver anda masih sama tapi tidak ada sinyal berarti kerusakan terjadi pada parabola.