Beberapa Gejala Kerusakan Parabola dan Solusinya

Daftar Isi

Beberapa Gejala Kerusakan parabola dan solusinya
Beberapa Gejala Kerusakan parabola dan solusinya

Tuserparabola.com - Mungkin shering pengalaman gejala kerusakan parabola ini akan sangat berguna bagi anda yang sedang belajar memperbaiki parabola tidak ada sinyal yang biasanya diawali dengan gejala yang berbeda.

Setiap gejala kerusakan memiliki penanganan yang berbeda. Tidak semua parabola tidak ada sinyal sama penanganannya hanya menggeser parabola saja. ada kalanya kdang permasalahan hanya sepele kita sudah kualahan bahkan gagal dalam memperbaiki parabola. 

1. Gejala Kerusakan Kabel 

Kerusakan pada kabel sering di alami oleh parabola tidak ada sinyal. Terutama bagi para pengguna yang melewatkan kabel di dalam plafon. Kabel parabola yang di lewatkan melalui plafon sangat rawan di makan tikus. oleh sebab itu lebih baik jika anda masih baru ingin memasang kabel bisa dilewatkan melalui jalan lain. 

Sempat beberapa kali saya menemui hal ini. Untuk memastikan kerusakan ini biasanya saya memutus kabel pada bagian atas yang dekat dengan parabola untuk mencoba dimonitor apakah sinyal masih ada atau tidak. 

Tanda kerusakan kabel putus adalah intensitas sinyal 0%, namun ketika dicoba putus pada bagian dekat parabola masih normal. 

berbeda kasus ketika terjadi kerusakan kabel yang mengalami kerapuhan para serabut ground pada dekat parabola. Ini juga membingungkan ketika kita tidak menggunakan monitor tv untuk tracking parabola. Karena tanpa tv kita tidak dapat paham bahwa intensitas sinyal 0%. 

Gejala kabel ini sepele tapi membingungkan bagi yang belum mengerti bagaimana tanda kerusakan pada kabel parabola. Tanda utamanya adalah intensitas dan kuantitas sinyal parabola 0%. Jika masih ada intensitas sinyal parabola maka mungkin terjadi pergeseran dish atau kesalahan instalasi. 

Kadang kerusakan kabel masih terlihat intensitas sinyal 70% tapi permasalahan terjadi pada kabel. ini sering dialami oleh kebel yang putus pada bagian ground atau serabut putih. Tapi kebanyakan kita akan menemukan intensitas sinyal 0%.

2. Kesalahan instalasi 

Baru-baru ini saya sempat dibuat bingung oleh instalasi yang digunakan oleh sebuah parabola yang saya tangani. Gejala sulit sekali menerima sinyal telkom 4. sekali dapat sinyalnya sangat minim.

Ternyata setelah saya mencoba berbagai hal solusi sederhananya saya mencobot switch dseq sehingga instalasi tidak menggunakan switch. Alhasil pada sinyal yang diterima sangat penuh. 

Setelah saya pahami bahwa sulitnya mendapatkan sinyal ternyata pada bagian lnb, dseq 2 talkom sedangkan settingan di receiver dseq off. Mungkin receiver mengalami kebingungan ketika tracking antara lnb1 dan lnb2. 

Akhirnya LNB yang bekas palapa saya jadikan sebagai penerima satelit telkom4 dan lnb 2 saya pensiunkan. Bekas palaa artinya saya memasangkan konektor kabel ke lnb bagian tengah sebelah barat. 

Demikianlah tentang Beberapa Gejala Kerusakan parabola dan solusinya sampai di catatan saya selanjutnya.