Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jarak LNB Antara Palapa D dan Telkom 4 dengan Dish berbagai merek

Satelit Palapa D dan Telkom 4 berperan sebagai satelit pemancar TV Nasional yang ada indonesia. Kedua satelit tersebut menampilkan chanel mayoritas siaran tv local dan ada juga beberapa tv internasional.

Jarak satelit Palapa dan Telkom 4 berdekatan, 113 drajat untuk satelit palapa, sedangkan 108 drajat untuk telkom 4. Jika dihitung jarak pantulan lnb berdekatan sehingga bisa digabung dalam satu dish. Tentu hal ini sangat memudahkan dalam pemasangan antena parabola jenis C band 2 lnb.

Mungkin anda sekarang berada di blog ini sedang mencari jarak lnb antara palapa d dan telkom 4. Berapa sih, ukuran pasti antar kedua lnb untuk dapat menerima satelit palapa dan telkom dalam satu dish dengan hasil yang memuaskan? berikut saya akan shere beberapa ukuran jarak dengan jenis merek dish yang berbeda.

Acuan Jarak LNB Antara Palapa D dan Telkom 4


Sebenarnya ini hanyalah acun sebagai dasar berdasarkan pengalaman saya sering memasang parabola dengan berbagai jenis dish yang saya gunakan sesuai dengan keinginan user parabola.

Setiap merek dish memiliki jarak dan kedalaman yang berbeda-beda. Tergantung settingan pebrik pembuat dish. Tinggi dan rendahnya titik focus juga telah diperhitungkan dengan tepat, agar dapat menerima sinyal dari satelit. Tinggal kita bagaimana cara memasang mengarahkan parabola.
jarak palkom sangat penting dalam perakitan dua lnb

Berikut merupakan acuan jarak lnb palapa tekom4 yang sering saya gunakan untuk memasang parabola c band dengan pesanan dua lnb. Jarak saya ambil dari antar body lnb bagian bawah.
baca juga: panduan cara mencari satelit telkom 4

1.    Dish soccer 7,5 fit

Dish ini merupakan merek yang marak sekali di pasaran. Dish socer ini juga digadang-gadang sebagai dish yang memiliki kekuatan sinyal sangat bagus dan cendrung enteng. Jarak antar lnb palapa dan telkom pada dish soccer sangat jauh.

Untuk mendapatkan sinyal yang cukup lumayan yaitu saya sering menggunakan jarak 4 cm bisa menangkap kedua satelit yang luamayan. 4,5 cm juga selalu saya gunakan. Saya sering menggunakan keduanya. Jika 4 cm dirasa sinyal hanya pass saja mnc media hanya 45 saja saya akan sedikit merenggangkan jarak menjadi 4,5 cm..

2.   Dish  Philsat 7,5 fit

Dish ini begitu ceper, namun untuk kekuatan menangkap sinyal Palapa dan Telkom 4 tidak kalah dengan merek soccer. Namun jarak antar lnb lebih dekat dari dish soccer. Yaitu 3,5 cm.

3.    Dish ORA 7,5 fit

Dish merek ora sempat menjadi salah satu dish yang merajai pasaran sekitar tiga tahun yang lalu. Kualitas bahan alumunium rangka dan jaringnya pun lebih tebal dari dish yang lain mirip dengan paragon. Namun sayang dish ini tidak lagi ada didaerah saya.

 Jarak yang diterapkan dari jenis dish merek ora 7,5 fit ini sekitar 3 cm sinyal Palapa cukup luber , Telkom pun juga lebih luber .

4.    Dish Paragon

Dish ini di gadang-gadang menjadi salah satu dish jaring paling unggul di kelasnya. Dish ini memiliki dua ukuran yaitu 8 fit dan 10 fit.  Paragon 8 feet menggunakan jarak antar lnb 3,5 cm, sedangkan  Paragon 10 feet 4,5 cm untuk palapa dan telkom.

Kesimpulan:
 
Jarak lnb antara palapa dan telkom tidak selalu pass segitu. Karena semua juga pengaruh kualitas dish yang kita pasang. Misalnya dish yang kita pasang ternyata sudah peyok atau tidak center lagi sehingga mengakibatkan titik fokus tidak maksimal yang diterima oleh lnb.

Untuk kedalaman lnb sendiri pada jenis dis di atas merupakan fokus yang dapat diatur ketinggiannya. sehingga bebas menentukan berapa kedalamannya.

Untuk kedalaman lnb saya menggunakan 2cm-3cm. Kedua lnb kedalaman yang sama.

 Namun terkadang saya menerapkan dengan cara yang berbeda untuk memperoleh sinyal yang maksimal. Misalnya palapa menggunakan kedalaman 3 cm sedangkan telkom 3s menggunakan kedalaman 2cm. jika keduanya dengan kedalaman yang sama pun tidak ada maslah yang berarti. 
baca juga: cara merakit 4 lnb palapa tekom 4 asiasat 7 asiasat 5
Ini hanyalah pengalaman saya selama ini jika ada perbedaan pendapat Silahkan shere dikolom komentar. Terimakasih!